Friday, April 26, 2013

Tips Mendaki Gunung

Salam Lestari dari Kami di : http://www.infopecintaalam.com

Tips Dasar Mendaki Gunung Merupakan Hal terpenting yang harus diketahui sebelum melakukan aktifitas mendaki Gunung, Mendaki Gunung bukan hal yang mudah untuk dilakukan, penuh berbagai pertimbangan dan Persiapan Khusus untuk melakukan hal tersebut, Mengangap remeh hal tersebut bisa menyebabkan hal Fatal buat Sabat Pecinta Alam Sendiri. Tips Dasar Mendaki Gunung merupakan Hal dasar yang Harus diketahui pada saat ingin melakukan Pendakian, dengan mengetahui hal tersebut memungkinkan Sobat Pecinta Alam Terhindar dari hal yang tidak diinginkan pada saat Mendaki Gunung.

ada beberapa Tips Dasar Mendaki Gunung yang perlu Sobat Pecinta Alam Ketahui , Diantaranya :
  1. Mencari Informasi tempat yang akan Dituju /Lokasi Pendakian : Dengan Mengetahui Tempat yang akan dituju, Akan memudahkan Sobat mengetahui Kondisi medan atau Jalur yang akan dilalui selain itu, dengan info tersebut Sobat juga akan mengetahui hal-hal apa yang perlu dibawah untuk melalui jalur yang akan ditempuh.
  2. Training Center (TC) / Olahraga : TC sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan Pendakian, hal tersebut dianjutkan karena dengan melakukan TC  kondisi tubuh akan lebih Fit, serta membuat Tubuh dan stamina lebih kuat. Tubuh dan Stamina yang kuat tersebut sangat mendukung Sobat dalam melakukan Pendakian walaupun harus membawa beban yang cukup berat.
  3. Membawa Perlengkapan seperlunya: dalam melakukan pendakian dianjurkan untuk membawa barang yang sperlunya saja,  dengan membawa barang yang tidak perlu akan memakan tempat yang banyak, sehingga bebanpun bertambah, sehingga meyulitkan untuk bergerak dalam mendaki.misalnya Membawa Boneka.
  4. Perlngkapan Tidur : Perlengkapan tidur hal yang wajib bagi para Pendaki Gunung, karena hal tersebut hal diguanakan untuk melindungi Para Pendaki pada saat tidur, Misalnya : Sleeping Bag (SB)/Kantung Tidur, Tenda dan Matras/Karpet dll.
  5. Membawa Jaket/Pakaian Hangat : Jaket/Sweeter (RainCoat) digunakan saat Sobat Mengalami Kedinginan pada saat di Gunung, tentunya dengan kondisi Hujan serta Angin yang berlebihan membuat kita kedinginan, maka hal ini perlu diingat sebelum memlakukan Pendakian.dianjurkan juga untuk tidak membawa Bahan yang terbuat dari Kain Levis/jeans, kerena dapat menambah beban berat pada saat Kain tersebut basah wlapun terlihat praktius dan kuat.
  6. Gunakan Ransel (Cariier) : carrier adalah sejenis tas yang dirancang untuk digunakan dalam melakukan Pendakian Gunung maupun Kegiatan Adventur lainya, bahan yang kuat dan ringat sangat cocok digunakan untuk menyimpan pelengkapan yang akan dibawah dalam Mendaki. ukuranya pun bermacam-macam tergantung Sobat ingin menggunakan yang mana.
  7. Memakain Alas Kaki Hiking : Alas Kaki Hiking ini yakni sepatu Adventure yang dirancang untuk medan Pendakian Gunung. Biasanya juga Para Pendaki Gunung Selain membawa Sepatu pendaki, juga membawa Sendal Pendaki, dimana juga dirancang Sama Seperti Sepatu Hiking.
  8. Perlengkapan Masak dan Makan : Tentunya setelah melakukan perjalan jauh dengan Kondisi jalur yang cukup menguras tenag tentunya Sobat Pecinta Alam Merasa Kelelahan dan Lapar. sehingga dianjurkan untuk membawa Perlengkapan  Masak dan Makan yang Khusus digunakan dalam Pendakian Gunung.
  9. Kotak P3K : Perlengkapan ini salah satu hal wajib yang tidak boleh terlewatkan, dalam aktifitas Mendaki Gunung Banyak hal yang tidak terduga, Misalnya Terjatuh, Tergores, Sakit perut, Masuk angin ataupun sakit kepala, sehingga diharuskan membawa perlatan Obat-Obatan.
  10. Jas Hujan : Hal kecil ini begitu berguna pada saat Mendaki Gunung, melindungi Sobat saat Hujan, serta Jas Hujan ini juga dapat digunakan untuk dijadikan Tenda.


 Catatan tambahan Tips Dasar Mendaki Gunung :
  • Jangan Sesekali Melakukan Aktifitas Pendakiaan Pada Saat Menggunakan Obat Terlarang, Saat tubuh yang tidak Fit,  Begadang tanpa tidur sebelum berangkat Mendaki. 
  • Jangan Tingkah Laku di Lokasi Pendakian serta Selalu Menerapkan Kode Etik Pendaki Gunung.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad