Friday, May 3, 2013

Anugerah Sobat Bumi Indonesia


Ratusan pelamar dari berbagai jenjang pendidikan meminati Anugerah Sobat Bumi Pertamina Foundation. Bahkan, beberapa diantaranya berasal dari luar negeri seperti, Norwegia, Belanda, Filipina, Malaysia dan Maroko.
“Mengingat minat yang begitu tinggi, jadwal penerimaan proposal kami undur hingga 8 April 2013. Kami juga mengundang penelitiman diri dari masyarakat umum untuk berpartisipasi dan melamar program  ini,” terang Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali di Jakarta, Senin (25/3) ini.
Pertamina Foundation membuka peluang bagi para peneliti untuk melakukan riset tugas akhir skipsi, tesis, disertasi dan penelitian mandiri dengan tema terkait Education for Sustainable Development (ESD). Sebanyak 55 peneliti terbaik akan dipilih melalui seleksi ketat oleh tim juri yang berasal dari akademisi, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Pertamina.
Yang dimaksud dengan pilar ESD dalam penelitian ini adalah ekologi atau alam, sosial, budaya, ekonomi dan kesejahteraan.
Lebih lanjut, Ahmad Rizali mengatakan, total hadiah yang diberikan bagi 55 peneliti selama tahun ini sebesar Rp 1,3 milyar dengan rentang hadiah bagi setiap peneliti antara Rp 10-50 juta, disesuaikan dengan jenjang pendidikan. “Salah satu kunci penilaian adalah jika penelitian yang dilakukan mampu mengintegrasikan setiap topic dalam pilar ESD,” katanya.
Bagi para peneliti yang berminat dapat mengajukan proposal melalui email anugrah.risetsobatbumi@gmail.com selambat-lambatnya diterima panitia pada tanggal 8 April 2013.
Proposal Anugerah Sobat Bumi dalam bentuk hard file dapat dikirim melalui pos dengan alamat Panitia Seleksi Anugrah Riset Sobat Bumi Gedung Pertamina Foundation (R.8) Jl. Sinabung II, Terusan Simprug Raya, Kawasan Pertamina Simprug, Simprug Kebayoran Lama, Jakarta 12220 selambat lambatnya tanggal 15 April 2013 (cap pos).
Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi tahap administratif dan substansi akan dimuat di portal www.beasiswa-sobatbumi.com pada 18 April 2013. Sebanyak 65 proposal riset terpilih diberikan kesempatan untuk mempresentasikannya pada tanggal 22-25 April 2013. “Di hari akhir presentasi, kita langsung umumkan 55 peneliti terpilih,” tandas Ahmad.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Anugerah Sobat Bumi Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad