Thursday, June 13, 2013

Bangkitnya Kaum Kreatif

Ribuan orang dari berbagai elemen komunitas di Batam dan luar Batam, mengikuti serangkaian acara bertajuk Sadar Wisata dan Bangkitnya Kaum Kreatif di Lapangan Engku Putri Batam, Senin (20/5). Mereka semua saling unjuk aksi ingin menyampaikan pesan berantai. Kegiatan Sadar Wisata dan Bangkitnya Kaum Kreatif ini bersempena Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), 20 Mei 2013.  Dari Moge sampai Polwan Cantik

Ribuan orang dari berbagai elemen komunitas di Batam dan luar Batam, mengikuti serangkaian acara bertajuk Sadar Wisata dan Bangkitnya Kaum Kreatif di Lapangan Engku Putri Batam, Senin (20/5). 

Mereka semua saling unjuk aksi ingin menyampaikan pesan berantai. Kegiatan Sadar Wisata dan Bangkitnya Kaum Kreatif ini bersempena Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), 20 Mei 2013.
Aksi Sadar Wisata dan Bangkitnya Kaum Kreatif,  diawali dengan konvoi motor gede (moge) dengan start dari Perumahan Duta Mas menuju Nagoya, kemudian berakhir di alun-alun Engku Putri. Aksi pengendara moge ini dipimpin oleh Wagub Kepri Soerya Respationo.

Sementara itu, di alun-alun Engku Putri, acara dilanjutkan dengan aksi-aksi yang lainnya. Mulai dari aksi komunitas pariwisata, band, sampai aksi polisi wanita (polwan) cantik dari Korlantas Mabes Polri. Prajurit Lantamal IV Tanjungpinang tak ketinggalan pula beraksi.

Kemeriahan acara di alun-alun Engku Putri sangat terasa. Buktinya, warga Batam tumpah ruah.

Iven terakbar di Kepri ini tidak saja dihadiri Gubernur Kepri HM Sani dan wakilnya Soerya Respationo. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pudji Hartanto juga tampak hadir. 

Soerya Respationo mengungkapkan, aksi moge bertujuan untuk mengajak masyarakat agar tertib di jalan raya. Serta diimbau selalu sadar dalam berkendara.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan kampanye sadar keselamatan diikuti ribuan  kendaraan bermotor. Kata Soerya, tujuan lain aksi moge adalah menjalin silaturahmi dengan sesama komunitas dan masyarakat. 

Bangga dengan Kepri

Demonstrasi Sadar Wisata dan Safety Riding yang digagas Disparbud Kepri, mendapat pujian. Salah satunya datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar berpendapat, kegiatan yang dilakjukan oleh Disparbud Kepri adalah kegiatan yang sangat menarik dan perlu dikembangkan. Sebab, hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan nilai-nilai pariwisata di Batam, dan Kepri pada umumnya.

"Pariwisata itu butuh kerjasama dengan pihak lain, salah satu contoh seperti acara ini. Menarik dan unik," ucapnya.

Ia juga berharap, agar Disparbud Kepri dapat membuat kegiatan lain yang tujuannya tetap meningkatkan nilai pariwisata, seperti lari pagi atau lomba maraton bersama lapisan masyarakat. Tentu hal ini akan membawa dampak yang lebih baik bagi semua masyarakat.

"Kalau bekerjasama dengan pihak lain, hasilnya juga bisa dinikmati bersama," ujarnya.

Selain demonstrasi sadar wisata, acara itu juga sekaligus mengkampanyekan sadar berlalu lintas atau safety riding secara nasional. Menjadi pelopor keamanan berlalulintas, perlu menjaga disiplin, karena itu adalah milik bersama.

Kepala Disparbud Kepri Guntur Sakti menambahkan, rangkaian kegiatan akan berlangsung sampai malam hari. Berbagai aksi dan hiburan yang ditampilkan semata-mata untuk mengedukasi dan menghibur warga Kepri umumnya, serta Batam khususnya. (byu/btd)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bangkitnya Kaum Kreatif Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad