Wednesday, July 10, 2013

Berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo Surabaya

Hi teman-teman plh Indonesia, 
kalau mau menjelajah ke Kota Surabaya, tentunya teman2 akan rugi apabila tidak berkunjung ke Taman Kota Bibit Wonorejo di Kota Surabaya 

Taman kota kali ini ada di Jl. Kendalsari, Surabaya. Letaknya yang tidak di pinggir jalan raya besar membuatnya tidak begitu dikenal banyak orang. Teman saya yang rumahnya terhitung dekat dari situ saja masih bertanya,”Di mana itu?”


Anyway, daya tarik taman ini terletak pada danau yang ada di tengah-tengah taman. Pinggiran danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang. Nongkrong di bawah pohon sambil menikmati pemandangan danau dan menikmati hembusan angin, menjadi kegiatan yang oke untuk dilakukan di sini.

Danau ini juga dilengkapi semacam dermaga yang bisa digunakan untuk memancing, sekedar duduk-duduk, bernarsis ria, bahkan foto pre-wed! Saat saya ke sini, banyak lho yang menjadikan taman ini sebagai tempat hunting foto dan pemotretan.




Fasilitas taman ini adalah jogging track yang mengelilingi danau, playground, toilet, dan tempat pembibitan.

Sebenarnya taman ini lumayan. Sayangnya, landscape-nya kurang tertata dengan baik. Masih banyak lahan yang tersia-sia dan seharusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Bahkan ada tugu-tugu yang menurut saya geje dan enggak ada fungsinya. Street furniture seperti bench pun sangat kurang.


Coba lahan-lahan yang kosong itu dimanfaatkan dengan diberi tempat outbound kecil. Dengan flying fox yang melintasi danau misalnya. Lalu taman dipermanis dengan adanya sculpture dan lampu taman, bench diperbanyak, tanaman-tanamannya lebih ditata dan dirawat, serta dilengkapi dengan edukasi tanaman apa saja yang pembibitannya dilakukan di sana. Dijamin taman ini akan menjadi satu alternatif yang oke bagi warga Surabaya untuk berekreasi!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo Surabaya Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad