Sunday, June 30, 2013

WALHI : Kebakaran hutan Riau bukan bencana

Aktivis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Muhammad Nur mengatakan, kebakaran hutan di Riau yang hingga saat ini masih belum padam, bukanlah suatu bencana yang disebabkan oleh alam.
Walhi menilai kebakaran hutan tersebut dilakukan oleh manusia dan merupakan bentuk kejahatan yang harus diungkap pelakunya.
"WALHI melihat kebakaran hutan yang terjadi di Riau itu bukanlah suatu bencana alam, tetapi kebakaran itu merupakan bentuk kejahatan lingkungan," kata Muhammad dalam acara Seminar Korupsi Politik "Menelusuri Korupsi Politik: Pendanaan Partai Menuju Pemilu 2014" di Hotel Akmani, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2013).
Muhammad juga meyakini bahwa pelaku sebenarnya dari kejadian kebakaran hutan tersebut, bukanlah dari warga sekitar seperti yang telah ditetapkan oleh Polda Riau, tetapi dari perusahaan-perusahaan yang memiliki kepentingan tertentu, sehingga melakukan pembakaran tersebut.
"Perusahaan-perusahaan juga pasti terlibat dalam kejadian kebakaran hutan di Riau," tandas Muhammad.
Seperti yang diketahui, kebakaran hutan di Riau hingga saat ini masih belum padam. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan TNI untuk melakukan pemadaman dengan menurunkan beberapa pesawat Casa yang beberapa hari lalu sudah mulai diberangkatkan kesana.
Akibat kejadian kebakaran hutan tersebut, asap dari kebakaran hutan tersebut telah meluas hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan meminta maaf atas kejadian ini kepada negara-negara tetangga yang terkena asap tersebut.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: WALHI : Kebakaran hutan Riau bukan bencana Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad