Thursday, July 25, 2013

Menikmati Indahnya Pulau Kauna Kayuadi Kepulauan Selayar

Dari Pulau Kayuadi yang merupakan ibukota kecamatan Takabonerate Kabuptaen Kepulauan Selayar, Pulau Kauna dengan pasir putih dan lautnya yang berwarna hijau pirus nampak sangat indah. Saat berada di Pulau Kayuadi untuk mengawas uian nasional SMA, saya membayangkan mahalnya aset keindahan pulau ini bagi kepentingan wisata. Saya diajak bapak kepala sekolah SMAN I Takabonerate menumpang kapal motor milik Bapak Syamsuddin yang orang Bajo untuk menikmati pulau ini tanggal 18 April 2012. Kami berangkat setelah lohor dengan janji pulang dari pulau sekitar jam 08.00 malam saat air sudah pasang.Kapal tidak bisa bergerak karena kandas bila air surut.
Dari pulau Kayuadi ke pulau Kauna hanya ditempuh sekitar 15-30 menit menggunakan kapal motor kecil pencari ikan. Masih setengah perjalanan, keindahan pulau sudah terlihat dengan jelas. Pasir putihnya bercampur butir-butir merah kecil akibat terumbu karang yang telah hancur. Walaupun terumbu karang yang mengelilingi pulau ini telah rusak total, tetapi karena pulau ini tidak ditinggali manusia, airnya nampak sangat jernih. Di atas pulau cukup banyak sampah yang dibawa oleh arus laut.
Di bebatuan karang-karang pantai saat air surut, kami menemukan banyak teripang. Zaenab dan Ucok, remaja yang menemani saya mencari teripang mengangkat lempengan karang-karang agar teripang yang berkumpul di bawahnya dapat diambil. Setelah itu lempengan karang dikembalikan lagi seperti saat semula.Mereka melakukannya tanpa alasan kecuali memang harus melakukan demikian.
Saya berdiskusi dengan Zaenab dan Ucok sambil menyusuri pantai, tentang betapa senangnya kalau kita ke pulau ini tanpa disambut oleh

1334879236463313100


1334879379811499749


133487965898360624

Sampah-sampah yang bertebaran. Masyarakat Pulau Kayuadi jarang yang ke Pulau Kauna. Mereka takut ke pulau terdekat ini karena cerita bahwa pulau ini banyak penunggunya. Ada kemungkinan cerita itu dikembangkan para pencari hasil laut yang melakukan penangkapan dengan menggunakan bom atau bius yang telah dilarang oleh pemerintah. Zaenab yang siswa SMAN I Takabaoenrate berjanji akan mengajak kawan-kawannya untuk bakti lingkungan secara berkala sambil menikmati keindahan Pulau Kauna. Mudah-mudahan dimasa depan, terumbu karang pulau ini bisa diperbaiki sehingga kita semua bisa menikmati keindahannya kembali.




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Pulau Kauna Kayuadi Kepulauan Selayar Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad