Friday, August 2, 2013

Arcopodo Legenda Semeru Tetap Milik Semeru

To PLH Indonesia
Arcopodo Tetap Milik Semeru dan tidak akan kemana - mana. Arcopodo atau arca kembar yang tetap menjadi legenda Semeru sering menjadi bahan perdebatan para pendaki gunung. Ada yang bilang bahwa arca kembar tersebut masih ada dan tersembunyi, tetapi ada juga yang yakin bahwa arca pemujaan tertinggi di Pulau Jawa itu sudah hilang dari dekapan Semeru.

www.belantaraindonesia.org

Bagi Anda yang mendaki Semeru, tentu banyak yang bertanya - tanya, adakah arca kembar tersebut? Dimanakah? Tentu arca kembar tersebut tidak akan Anda jumpai di Pos Arcopodoyang dikenal banyak pendaki saat ini.

Dua arca kembar itu tersembunyi di sebuah tempat di ketinggian 3.092 Mdpl. Untuk mencapai lokasi tersebut tidak mudah. Dari pos Arcopodo ( 2.903 Mdpl ) yang dikenal saat ini, pendaki masih harus naik lagi menuju arah puncak sampai di batas vegetasi.

Di batas itu pendaki harus berbelok ke arah timur dengan bentangan lembah bekas aliran lahar yang rapuh. Sekitar 20 menuju bawah terdapat jurang dalam seperti muara. Untuk itu pendaki harus dilengkapi peralatan secukupnya untuk menjejakkan kaki di tepi jurang agar tidak tergelincir.

www.belantaraindonesia.org

Setelah bisa melewati tantangan yang pertama, pendaki akan dihadapkan dengan tantangan berikutnya; lembah lainnya yang lebih curam. Berada pada kondisi semacam ini pendaki harus cepat berpikir untuk memutuskan lanjut atau kembali. Karena keragu - raguan hanya akan membahayakan nyawa pendaki dalam kondisi semacam ini. Dan keputusan terbaik adalah terus berjalan menyusuri punggung tipis tebing yang menjulur di bawah rerimbun pohon cemara

Ini jalur orang tersesat. Korban biasanya hilang di sekitar sini ketika turun dari puncak. Dia berjalan menyimpang, menuruni lembah ini,” kata Ningot, anggota Search and Rescue ( SAR ) Lumajang.  “Begitu sampai di lembah ini, pendaki yang kelelahan biasanya sudah putus asa dan sulit mencari jalan kembali. Padahal, di bawah jurang sangat curam, yang terkenal adalah Blank 75,” lanjut Ningot.

www.belantaraindonesia.org

Setelah melewati dua lembah lagi, pendaki baru bisa mencapai punggung tebing dan di lokasi itulah dua arca kembar berdiri di bawah rerimbun pohon cemara. Tempat dua arca kembar itu beratapkan seng yang sudah keropos dan lantainya terbuat dari keramik.

Dari dulu, dua arca itu tak pernah dipindahkan kemana - mana dan masih setia pada Semeru. Adapun yang dipindah adalah pos Arcopodo yang sekarang dilewati oleh para pendaki. Dulu jalur pendakian melewati dua arca ini, tapi kemudian dipindah.

www.belantaraindonesia.org
Norman Edwin
Dulu jalan pendakian itu melewati dua arca tersebut. Sekitar tahun 1979, jalurnya berubah dan tak lagi melewatinya. Adapun alasan pemindahan tidak diketahui. Yang pasti jalur menuju Arcopodo begitu tersembunyi, seperti jalur yang dijaga oleh para dewa.

Dalam kepercayaan Hindu, Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa - dewa dan sebagai sarana penghubung di antara bumi ( manusia ) dan Kahyangan. Banyak masyarakat Jawa dan Bali sampai sekarang masih menganggap gunung sebagai tempat kediaman Dewata, Hyang, dan mahluk halus.

Sejarah terciptanya gunung Semeru boleh saja dianggap sebagai keyakianan atau hanya sekadar dongeng semata. Namun, mengacu pada keyakinan masyarakat Hindu Jawa dan Balitentang kesakralan Semeru, maka bukan hal yang mustahil jika terdapat arca kembar di ketinggian 3.002 di atas permukaan laut itu.

www.belantaraindonesia.org

Arca adalah benda yang sakral bagi masyarakat Hindu karena menjadi medium yang bisa menjadi penghubung antara dirinya dengan Sang Hyang ( Tuhan ). Maka keberadaan Arcopodo yang berdiri berdampingan di senyapnya rerimbun cemara itu bukanlah sekadar dongeng. Kebenaran itu juga bisa dibuktikan lewat dokumentasi foto dari para pendaki ( atau yang memang sengaja mencari keberadaan arca kembar tersebut ).

Arca yang awalnya dianggap hanya sebagai dongeng itu “ditemukan” oleh Norman Edwindan Herman Lantang dari Mapala Universitas Indonesia pada tahun 1984. Dua tahun kemudian, Norman kembali mendatangi dua arca itu dan menuliskan temuannya di majalahSwara Alam, ”Arca ini sulit dikenali karena kepala dan separuh badannya hilang.

Sejak itu keberadaan kedua arca itu tak pernah lagi diketahui. Dalam tulisannya di buku Soe Hok-Gie: Sekali Lagi ( 2009 ), Herman Lantang mencoba mencari dua arca itu pada pendakian tahun 1999, tapi ia gagal menemukannya. ”Di jalur menuju tempat arca itu, saya mendapati jurang pasir yang dalam dan sulit diseberangi. Ketika itu saya sampai jatuh ke dalam jurang sehingga saya memutuskan tidak mengunjungi arca itu.

www.belantaraindonesia.org

Selain itu, ada pula dokumentasi terbaru dari Ekspedisi Cincin Api Kompas medio April 2012 dalam rangka menggali informasi mengenai pengaruh aktifitas vulkano - tektonik terhadap peradaban manusia. Namun, bagi para pendaki yang mencoba mencari dua arca di Pos Arcopodo yang saat ini sering dilalui para pendaki pasti akan kecele dan mengira kedua arca itu sudah hilang, atau percaya itu hanya berupa dongeng, karena memang bukan di situ tempatnya. 

Dua arca kembar itu tak pernah kemana - mana. Mereka masih berdiri berdampingan di dalam dekapan hutan senyap nan damai; menatap puncak Mahameru, puncak abadi para Dewa.


salam dari kami ; http://www.belantaraindonesia.org/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Arcopodo Legenda Semeru Tetap Milik Semeru Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad