Monday, August 5, 2013

Bukit Serelo, Berbentuk Telunjuk, Penuh Warna

Jika penasaran dengan Bukit Serelo, Anda bisa memulai perjalanan liburan dari Muara Enim. Menjelang 20 kilometer memasuki kota Lahat, mata Anda pasti langsung tertarik melihat sebuah bukit yang nampak jelas di sebelah kiri. Dari kejauhan bukit yang berada di Kecamatan Merapi Selatan ini sudah nampak unik dengan bentuknya yang tak lazim seperti bukit-bukit pada umumnya.Musim liburan sekolah akan lebih menyenangkan jika diisi dengan acara berlibur yang unik dan seru. Tak perlu mahal untuk mendapatkan liburan seperti itu. Jika Anda sedang berada di Sumatera Selatan, bisa singgah ke Kota Lahat. Disana kita bisa melihat uniknya Bukit Serelo yang berbentuk seperti jari telunjuk. Bahkan warga setempat biasa menyebutnya Bukit Tunjuk karena bentuk puncaknya yang mirip dengan telunjuk yang mencuat ke langit.
Bentuk Bukit Serelo seperti bentuk telunjuk membuat bukit ini unik dan menarik.
Di bawah Bukit Serelo terdapat area untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Paling tidak ada sekitar 40 ekor gajah sudah dijinakkan di tempat ini. Namun belum semua gajah bisa melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung. Anda bisa memanfaatkan kesempatan berfoto bersama gajah-gajah tersebut. Cukup memberikan uang tips kepada pawang gajah sebesar Rp 5.000, wisatawan bisa puas berpose bersama gajah-gajah jinak. Selain berfoto bersama, kita juga bisa jalan-jalan menikmati pemandangan alam dengan naik gajah.
Pemandangan alam Bukit Serelo sangat menawan dengan pepohonan yang rindang. Di bawah bukit ini tedapat beberapa area untuk berkemah dan rekreasi. Biasanya lokasi ini banyak digunakan untuk aktivitas sekolah seperti pramuka, berkemah ataupun kegiatan lainnya. Apalagi ditambah adanya sungai kecil dengan aliran air yang jernih dan belum tercemar semakin memperindah suasana alamnya.
Di bawah Bukit Serelo terdapat gajah jinak yang bisa diajak foto dan dinaiki wisatawan.
Di area seluas 210 hektar ini para wisatawan juga bisa menambah pengetahuan karena ada beberapa flora dan fauna asli Indonesia disini. Misalnya puspa (Schima walichii), sungkai (Peronema canesem) dan jenis-jenis lain yang tumbuh pada hutan sekunder. Di beberapa titik Bukit Serelo yang sudah terbuka banyak ditumbuhi alang-alang dan tumbuhan lainnya. Diantaranya terdapat juga beberapa jenis tumbuhan yang dapat dimakan oleh gajah berupa asam payo, jenis bambu-bambuan dan bermacam-macam jenis rumput.
Sedangkan jenis fauna yang hidup di Bukit Serelo adalah kera ekor panjang (Macaca fascicularis), cengkok (Macaca sp.), kancil (Trangulu sp.), rusa (Cervus sp.), kijang (Muntiacus muncak), babi rusa (Sus sp.) dan berbagai jenis burung serta ayam hutan.
Jika ingin liburan yang menantang, Anda bisa juga mendaki Bukit Serelo. Asalkan mempunyai stamina yang kuat dan didampingi dengan orang yang sudah berpengalaman, kita bisa berjalan kaki hingga ke puncaknya dan menikmati pemandangan Kota Lahat dari ketinggian  900 meter di atas permukaan laut.
Obyek wisata Bukit Serelo bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Selama berada di Sumatera Selatan, Anda bisa berkunjung pula ke Bukit Sulap, danau Ulak Lia atau berwisata ke Danau Ranau.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bukit Serelo, Berbentuk Telunjuk, Penuh Warna Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad