Saturday, August 24, 2013

Hijuakan Alam Kota Ranai Lewat Penanaman Pohon

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UGM Jogjakarta melaksanakan kegiatan tanam pohon di sejumlah tempat di kawasan Kota Ranai. Hal ini dilakukan untuk menanamkan semangat gotong royong dan upaya pelestarian pantai dari ancaman abrasi.
Koordinator KKN Mahasiswa UGM di Ranai, Adit mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan bersama-sama dengan lurah dan desa serta masyarakat setempat dan murid-murid sekolah dasar.

"Ya kita kerjasama dengan lurah setempat, kita di Natuna tersebar di sejumlah tempat, di antaranya ada yang di Ranai dan Desa Sepempang. Jadi hari ini semua kita yang KKN melakukan hal yang sama di tempatnya masing-masing,” tutur Adit.

Dalam kegiatan ini  tambah Adit, mereka melakukan berbagai kegiatan di antaranya adalah kegiatan tanam pohon dan kebiatan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan secara bergotong – royong dengan seluruh lapisan masyarakat termasuk siswa-siwi sekolah dasar.

Hal itu dilakukan guna pelestaraian alam khususnya pantai dan sebagai upaya untuk menumbuhkan dan memperkuat kembali semangat kebersamaan ditengah-tengah masyarakat dalam melestarikan alam dan lingkungan sekitar.

“Ya tujuan kita ya  turut andil melestarikan pantai dan gotong royong besama masyarakat. Bahkan kami juga sengaja bekerjasama dengan sejumlah SD yang ada di Ranai, maksudnya sebagai upaya untuk menanamkan semangat gotong royong kepada mereka,” ungkap Adit.

Selain bekerjasama dengan Kelurahan dan Desa setempat, mereka juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam hal ini Dishutbun dan Dinas PU Kabupaten Natuna guna menyukseskan kegiatan itu.

“Pohon ini ada 700 batang yang terdiri dari pohon cemara laut dan pohon ketapang.  Kita dapat dari Dishutbun, terus kita juga support oleh Dinas PU, berupa personil dan peralatan. Jadi ya asyiklah kerjanya,” pungkas Adit.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hijuakan Alam Kota Ranai Lewat Penanaman Pohon Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad