Saturday, August 3, 2013

Inilah 6 Spesialisasi Eksplorasi Gua

To PLH Indonesia 
6 Spesialisasi Eksplorasi Gua ini penting Anda ketahui karena bentuk dan karakternya gua berbeda, dan perbedaan itu menyebabkan metode untuk memasuki gua itu berlainan. Ada yang memanjat, memakai tali, dan bahkan ada yang berenang. Tetapi ada juga gua yang mudah di masuki karena jalan masuk gua tersebut telah di bangun dengan rapi dan baik. Selayaknyawisata gua.

Beberapa penggemar olah raga ini ada yang datang ke gua untuk mengabadikan keindahan dan keajaiban gua, baik dekorasi guanya maupun beberapa hewan yang ada di dalam dua itu. Untuk tujuan itu, datanglah dengan membawa seperangkat alat foto.

Sebenarnya, dalam olah raga ini ada 6 spesialisasi yang dikenal dan berkembang di seluruh dunia, yaitu: 

1. Single Rope Technique ( SRT )



Metode SRT paling banyak dipakai oleh penelusur gua di seluruh dunia. Dengan metode ini, untuk turun dan naik ke gua kamu menggunakan tali kawat. Bahkan untuk membuat tangga - tangga di dalam gua, para pekerja menggunakan metode SRT.

2. Climbing

www.belantaraindonesia.org

Climbing digunakan bila kamu ingin mencari jalan pintas baru untuk turun atau naik gua. Untuk menggunakan teknik ini kamu harus menggunakan tali pengaman agar tidak terjatuh.

3. Digging

www.belantaraindonesia.org

Sama dengan climbing, metode digging juga dipakai untuk mencari jalan baru. Hanya, metode digging dipakai secara teratur dan dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Peralatan dan metode yang dipakai dalam penggalian itu pun sangat bervariasi. Kadang - kadang harus disertai dengan kemah di dalam gua. 

4. Cave Diving
Jika Anda mendapatkan bagian gua yang dipenuhi dengan air maka Anda harus menggunakan metode diving. Jika yang terendam air hanya sebagian kecil dari gua, Anda dapat melakukan penyelaman bebas, tanpa peralatan apa pun.

www.belantaraindonesia.org

Soalnya, metode itulah yang paling praktis. Namun, bila bagian gua yang tergenang air itu cukup banyak dan jauh, misalnya sampai beberapa kilometer maka Anda harus melakukanpenyelaman yang disertai dengan peralatan yang lengkap. Namun, penggemar olah raga Caving yang memilih spesialisasi ini sangat sedikit.

5. Cave Photography

www.belantaraindonesia.org

Spesialisasi inilah yang paling populer di kalangan pecinta penelusuran gua. Anda datang ke gua dengan bekal kamera kemudian mencari lokasi yang paling indah untuk diabadikan. Hasilnya, bisa Anda publikasikan lewat buku - buku atau majalah. 

6. Cave Art

www.belantaraindonesia.org

Metode ini merupakan pengembangan dari rasa ketertarikan orang terhadap keindahan gua

Salam dari kami : http://www.belantaraindonesia.org 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah 6 Spesialisasi Eksplorasi Gua Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad