Tuesday, August 27, 2013

Mengenal Danau Siombak Medan


Danau Siombak, ya begitulah danau ini diberi nama oleh warga sekitar. Danau yang memiliki ombak kecil sehingga diberi nama “Siombak”.

Danau siombak
Lokasi Danau Siombak. Foto by @retzah
Danau buatan yang sangat luas ini secara geologi masih dalam kawasan Kota Medan, walaupun letaknya berdekatan dengan Kabupaten Deli Serdang. Danau ini menjadi satu-satunya obbjek wisata danau yang ada di Kota Medan. Sampai sekarang masih banyak yang salah kaprah (terutama orang-orang yang berada di luar Sumatera Utara) yang menyebutkan Danau Toba itu ada di Kota Medan. Itu salah besar. Danau Toba bukan berada di Kota Medan, melainkan berada dibeberapa kabupaten antara lain Kab. Simalungun, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Karo dan Kab. Dairi, Sumatera Utara.
Balik ke Danau Siombak, danau buatan ini pada awalnya terbentuk karena adanya pengerukan tanah yang dilakukan untuk pembangunan jalan tol yang dikenal dengan nama Tol Belmera. Sebelum menjadi sebuah danau, lokasi Danau Siombak dulunya adalah tanah milih warga sekitar yang dimanfaatkan untuk pembangunan jalan tol. Karena luasnya area yang dikeruk dan terus diisi oleh air hujan, hingga jadilah Danau Siombak.
Di kawasan Danau Siombak terdapat kolam berenang mini untuk anak-anak, area bermain untuk anak-anak, pondok untuk istirahat, dan untuk yang hobi memancing bisa memancing di Danau Siombak. Yang ingin mengelilingi danau juga bisa memanfaatkan speed board. Sesekali lokasi Danau Siombak juga digunakan untuk pelaksanaan festival olaharaga kano internasional.
Namun sayangnya, keberadaan Danau Siombak kurang menjadi perhatian. Minim perawatan dan sesekali waktu di pinggiran danau terdapat sampah. Bahkan Danau Siombak yang selama ini dimiliki oleh warga sekitar, sejak tahun 2008 Danau siombak resmi berpindah tangan ke pihak swasta dari negara tetangga Malaysia. Menurut kabar, pihak swasta Malaysia akan menjadikan kawasan Danau Siombak untuk resort dan dikembangkan lebih layak lagi.
Danau Siombak
Berita Danau Siombak. Foto @DINNENO
Satu sisi miris karena Danau Siombak dibeli pihak asing, muncul pertanyaan apa pemerintah gak melirik potensi yang ada di Danau Siombak ini ?

Lokasi Danau Siombak



Danau Siombak berada di Jalan Pasar Nippon, Kelurahan Paya Pasir, Marelan, Medan. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah, bisa ditempuh melalui Jalan Veteran dan juga Jalan KL. Yos Sudarso (Brayan) kalau dari arah pusat kota Medan. Disarankan melalui Jalan Veteran karena jalannya lurus aja. Dengan menempuh jarak waktu kurang lebih 30-45 menit perjalanan untuk mencapai lokasi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Danau Siombak Medan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad