Thursday, December 5, 2013

Menikmati Indahnya Alam Bawah laut Pulau Sangalaki, Kaltim


Kalimantan Timur mungkin terkenal dengan Pulau Derawan. Tapi tak hanya itu, di sana juga ada Pulau Sangalaki yang tak berpenghuni dan punya dunia bawah laut yang menawan. Cobalah snorkeling di sana, dijamin lupa daratan!

detikTravel berkesempatan mendatangi Pulau Sangalaki di Kabupaten Berau, Kaltim beberapa waktu lalu. Lokasi pulau ini adalah 30 menit dari Pulau Maratua atau satu jam lebih dari Pulau Derawan dengan menggunakan boat.

Peralatan snorkeling pun telah disiapkan, mulai dari google, snorkel, hingga fin. Tak ketinggalan, jaket pelampung untuk menambah rasa aman. Pulau Sangalaki ini punya dunia bawah laut yang cantik dan asyiknya pulau tersebut tak berpenghuni.

Anda bisa snorkeling di sekitar dermaga Pulau Sangalaki dan lihatlah aneka ikan di sekitar kayu-kayu penyangga yang menjadi kaki utama dari dermaga. Di karang-karangnya, juga terdapat banyak ikan laut yang menggemaskan seperti nemo, lion fish, dan juga penyu!

Perhatikan kaki Anda saat mendekati tepian pantai. Di sana banyak karang yang punya tekstur tajam dan bisa melukai kaki. Selain itu, ada baiknya Anda tidak berenang di tempat yang lebih dangkal tersebut sekitar 1,5 meter kedalamannya karena bisa merusak karang.



Tapi ingat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat snorkeling di Pulau Sangalaki. Kedalaman air di sana dapat membuat Anda tenggelam jika tidak berhati-hati. Seperti salah satu wisatawan asal Jakarta, Agung, dia sempat kaget karena tak menyangka kedalaman airnya dan hampir tenggelam karena panik.

"Gerakannya harus rileks, nafasnya diatur di mulut semua. Kalau banyak gerak dan panik, kita pakai life vest pun bisa tenggelam," ujar Bambang Herianto (36), pendamping peserta snorkeling.



Selain itu, Anda harus menikmati pemandangan di bawah air. Lihatlah ikan-ikan yang berlalu-lalang dan ketika mengeluarkan kepala ke permukaan air, biasakan tetap bernafas dengan mulut.

Rupanya, di Pulau Sangalaki juga terdapat banyak ikan manta. Namun sayang, saat itu tidak terlihat ikan manta yang besar tersebut. Biasanya mereka akan terlihat hanya dengan snorkeling saja saat waktu-waktu tertentu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Alam Bawah laut Pulau Sangalaki, Kaltim Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad