Monday, January 20, 2014

Inilah Tips Agar Tak Lelah Saat Mendaki

Tentunya Anda tidak mau target menggapai puncak gunung terganggu karena Anda sering lelah. Kemudian, apakah ada resep khusus agar kuat mendaki gunung? Terutama dari segi makanan? Tentu ada, dan berikut ini sedikit ulasan dan tips agar tak lelah saat mendaki.

Makanan apa yang dapat mengembalikan tenaga?
Pada atlet dianjurkan mengonsumsi sari buah yang indeks glikemiknya lebih rendah dan masuknya bertahap. Atau pada atlet binaraga, kita anjurkan makan pisang. Karena pisang mengandung gula alami: glukosa dan fruktosa.

Glukosa masuknya cepat tapi fruktosanya bertahap. Sementara gula merah mengandung sukrosa yang itu cepat sekali masuknya dan tidak mengandung serat dan gizi lain, serta indeks glikemiknya sangat lah tinggi. Jadi sebaiknya memakan pisang atau sari buah tanpa tambahan gula.

Benarkah memakan gula Jawa dapat menghilangkan rasa lelah? 
Ini seperti yang terjadi pada orang - orang yang ikut lomba gerak jalan. Pada waktu mau lomba dikasihlah permen dari gula aren yang tujuannya supaya tenaganya bagus. Padahal apa yang terjadi adalah rebound fenomena ( efek kelelahan setelah mengonsumsi karbohidrat ).

Jadi gula merah termasuk kelompok karbohidrat sederhana, paling cepat memberikan tenaga, tetapi efeknya adalah insulin diproduksi dalam jumlah tinggi karena masuknya dalam aliran darah kita bersamaan, tidak bertahap.

Kalau insulin terlalu tinggi diproduksi, ia akan memindahkan seluruh glukosa menjadi sumber tenaga. Sehingga mengakibatkan glukosa drop. Kalau kadar glukosa darah kita rendah, kita akan lelah dan terjadi peristiwa hipoglikemik ( gejalanya seperti lemah, lelah, pusing, berkeringat, dan kurangnya konsentrasi ).

Pada orang - orang yang lomba jalan dengan memakan gula aren sebelumnya, memang pada dua menit pertama semangatnya luar biasa. Tapi pada menit terakhir pasti lelahnya lumayan karena terjadi efek rebound fenomena

http://www.belantaraindonesia.org/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Agar Tak Lelah Saat Mendaki Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad