Monday, February 24, 2014

Beginilah Kondisi Puncak Gunung Kelud Pasca Meletus

Puncak Gunung Kelud
Pemandangan berbeda terlihat di daerah sekitar puncak Gunung Kelud. Pasca letusan pekan lalu, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini gersang dan kering kerontang. Ada aliran lahar di beberapa titik di dekat puncak. Tanahnya merekah. Di kanan kirinya, bukit batu hitam terlihat kokoh. Ada bagian yang memutih karena diselimuti abu.

Foto ini diambil dari jarak 3 kilometer dari puncak, tepatnya di Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar, Kediri, Minggu 16 Februari 2014. Saat itu, abu masih terlihat jelas di sekitar puncak. Asap putih tipis juga masih terlihat di sela - sela cekungan. 

Pepohonan di sekitar puncak hanya menyisakan batang dan dahan karena daunnya musnah diterjang material dan abu. Ini sangat kontras dengan kondisi awal. Karena sebelumnya, kawasan tersebut serba hijau oleh pepohonan.


Kelud meletus dahsyat, Kamis 13 Februari 2014 malam. Dentumannya terdengar hingga jarak ratusan kilometer seperti Solo, Yogyakarta, dan Jawa Tengah bagian utara. Keesokan harinya, abu bertebaran ke mana - mana.

Letusan Kelud tak hanya membuat kota - kota di sebelah barat Kediri diselimuti abu, tapi juga penerbangan terganggu. Dari Bandara Juanda hingga Hussein Sastranegara sempat ditutup. Bahkan Bandara Solo dan Yogyakarta, hingga ditutup dan baru dibuka Rabu 19 Februari 2014.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Beginilah Kondisi Puncak Gunung Kelud Pasca Meletus Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad