Sunday, February 23, 2014

Destinasi Favorit Di Gunung Papandayan

Gunung Papandayan di wilayah Kabupaten Garut termasuk gunung yang paling banyak pendaki dan pengunjungnya dibandingkan dengan gunung - gunung lainnya di Jawa Barat. Akes jalan serta sarana dan prasarana yang cukup memadai Gunung Papandayan juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah terutama kawahnya.

Dan berikut ini destinasi favorit di Gunung Papandayan 

Kawasan Kawah 
Yang pertama sudah pasti yaitu kawahnya karena kawah adalah salah satu tujuan utama jika ke Papandayan. Terdapat beberapa Kawah diantaranya, Kawah Nangklak, Kawah Mas, dan kawah kecil lainnya. Kawah - kawah tersebut tidak terlalu jauh dari tempat parkir dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan melewati beberapa jalur pendakian.

Death Forrest ( Hutan Mati ) 

www.belantaraindonesia.org

Death Forrest atau hutan mati adalah sebuah wilayah bekas kebakaran pada saat Papandayan meletus beberapa tahun silam. Pohon diwilayah tersebut tidak semuanya hangus terbakar. Ada banyak batang pohon Cantigi sisa kebakaran terlihat hitam gosong tak berdaun masih tegak berdiri, Mungkin karena hal inilah kenapa tempat ini dinamaiDeath Forrest atau Hutan Mati karena memang pohonnya sudah mati.

Pondok Salada 

www.belantaraindonesia.org

Ini dia Pondok Salada, sebuah tempat yang cukup datar dan luas serta banyak ditumbuhiBunga Edelweis. Bagi para pendaki gunung Pondok Salada merupakan paling favorit dan paling mudah diingat kerena tempat ini terdapat beberapa sumber air sehingga dijadikan sebagai Camping Ground dan hampir semua pendaki Gunung Papandayan mendirikan tenda disini.

Tegal Alun 

www.belantaraindonesia.org

Sama halnya seperti Pondok Salada, Tegal Alun merupakan sebuah tempat yang banyak ditumbuhi Bunga Edelweis. Dari Tegal Alun ke puncak Papandayan sudah dekat.

Tegal Panjang 

www.belantaraindonesia.org

Tegal Panjang berada lebih jauh dari ke empat tempat yang telah disebutkan, namun tidak kalah menarik. Tegal Panjang adalah sebuah tempat yang ditumbuhi ilalang sehinga mirippadang savana. Karena cukup jauh kebanyakan pendaki lebih memilih mendaki dari arahPengalengan untuk menuju Tegal Panjang
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Destinasi Favorit Di Gunung Papandayan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad