Sunday, February 9, 2014

Menengok Air Terjun Di Kaki Gunung Rinjani

Gunung Rinjani sangat terkenal di Lombok yang memiliki pantai indah dan juga air terjun yang menawan di kakinya. Tepatnya di Desa Senaru ada air terjun Tiu Kelep. Pesona dan keindahan Tiu Kelep tak kalah gila dari air terjun Sendang Gile!

Posisi Tiu Kelep ini lebih tersembunyi dari Sendang Gile. Jika Sendang Gile hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pintu masuk, Tiu Kelep membutuhkan waktu ekstra 45 menit. Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru.

Dari pintu masuk sampai Air Terjun Sendang Gile aksesnya cukup mudah, tangga yang sudah rapi dan ada beberapa pondok untuk beristirahat. Tepat sebelum jalan turun ke Sendang Gile, ada jalan kecil ke arah kanan, jalan inilah yang menuju ke Tiu Kelep, berupa jalan setapak.

Setelah jalan setapak, kita akan menemukan tangga menuju jembatan. Seperti benar - benar berada di hutan karena kita akan menyeberangi sungai di antara pepohonan rimbun.

Butuh sedikit perjuangan ekstra untuk sampai di Tiu Kelep, berhati - hati karena batu di sini licin untuk dipijak. Namun jangan khawatir, semua perjuangan akan terbayar begitu melihat papan selamat datang di Tiu Kelep. 

Air terjun indah menanti di depan mata. Untuk sampai di kolam tepat di bawah air terjun, kita harus berjalan di sungai yang berarus lemah. Air sungai sangat bening, bebatuan dapat terlihat jelas.

Mata akan dimanjakan dengan pemandangan dan suara air terjun yang dikelilingi tebing dengan pepohonan rimbun. Tidak ada kamar ganti atau penjual makanan dan minuman di Tiu Kelep, jadi sebaiknya membawa sendiri bekal untuk di sini.

Untuk kembali ke gerbang utama, jalan yang dilalui sama persis ketika Anda datang. Lalu bersiaplah berpetualang menyeberang sungai lagi, menarik bukan?  http://www.belantaraindonesia.org/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Air Terjun Di Kaki Gunung Rinjani Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad