Sunday, March 2, 2014

Terumbu Karang di Palau Rock Island Ini Tetap Sehat Meski Air Laut Semakin Asam

Palau Rock Island
Para ilmuwan telah menemukan sebuah pulau teluk kecil di Samudera Pasifik yang bisa berfungsi sebagai "jalan" untuk mengetahui cara menyelamatkan terumbu karang di dunia akibat perubahan iklim. Palau Rock Island Bay, merupakan sebuah pelabuhan anomali alami.

Anehnya, teluk itu adalah rumah bagi salah satu terumbu karang paling sehat di Pasifik sementara di tempat lain di dunia, hasil pengasaman air telah menurunkan daya tahankarang dan menyebabkan kematiannya. Hanya saja tidak di Rock Island.

"Saya terkejut bahwa tutupan karang, kekayaan, dan keragaman yang begitu tinggi meskipun tingkat pengasamannya tinggi," kata Katie Shamberger, salah satu co-writer makalah penelitian tersebut seperti dilansir Mongabay.

Pengasaman laut adalah dampak dari perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca. Karbon dioksida (CO2) yang lebih banyak di atmosfer menyebabkan laut menyerap lebih banyak karbon. Proses ini mengurangi kalsium karbonat dalam air -unsur yang digunakan karang untuk tumbuh. Akibatnya, karang menjadi lemah dan rentan larut dalam air.

Sejauh ini, pH (ukuran keasaman) laut telah menurun sebesar 0,1 unit sejak masa pra-industri, menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim. Para ilmuwan menghitung bahwa pada akhir abad ini, pH laut mungkin turun sebesar 0,25 unit di bawah rata-rata saat ini.

Dan, pada level itulah tingkat keasaman di teluk Palau tersebut. Namun terumbu karang di situ lebih kaya dan lebih sehat daripada semua terumbu karang yang mengalami keasaman tinggi di daerah pesisir lainnya di Papua Nugini, Galapagos, Teluk Panama dan Semenanjung Yukatan. Mengapa karang di Rock Island satu-satunya yang tidak terpengaruh oleh air laut yang semakin asam?

"Kami tidak tahu," ujar Shamberger. 

Mungkin setelah tumbuh di teluk ini selama ribuan tahun, karang-karang tersebut secara genetik menyesuaikan diri dengan tingkat pengasaman yang tinggi. Atau mungkin ada beberapa kombinasi dari faktor lingkungan yang memungkinkan karang itu untuk bertahan hidup meskipun terjadi pengasaman.

"Titik kritisnya adalah bahwa terumbu karang Palau yang diasamkan adalah pengecualian," kata Shamberger. " Ini tidak berarti bahwa terumbu karang secara umum akan mampu menangani pengasaman laut."

Bahkan jika adaptasi genetik untuk keasaman air yang tinggi dimungkinkan, terumbu karang di Rock Island mungkin butuh memiliki ribuan tahun untuk menyesuaikannya. Saat ini, pengasaman laut terjadi terlalu cepat: terumbu lain akan memiliki kurang dari 100 tahun untuk mencoba untuk menyesuaikan.

Sayangnya , ini bukan satu-satunya ancaman perubahan iklim pada terumbu karang. Air laut yang menghangat dapat membunuh ganggang di dalam kerangka karang. Padahal, ganggang ini  menyediakan nutrisi bagi karang. 

Dengan kepunahan ganggang, karang kehilangan sumber makanan mereka dan warna mereka. Maka proses ini disebut dengan pemutihan karang. 

Kadang karang dapat pulih dari pemutihan. Tetapi jika air tetap terlalu hangat dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan kematian karang.

Terakhir, terumbu karang membutuhkan banyak cahaya untuk ganggang mereka, sehingga mereka harus dekat dengan permukaan air. Jika karang tidak bisa tumbuh secara vertikal secepat kenaikan permukaan laut, mereka benar-benar bisa "tenggelam" -yang mati akibat terlalu dalam dan tidak mendapatkan cukup cahaya.

"Perubahan iklim menyebabkan tiga ancaman untuk karang. Pemanasan, pengasaman, dan kenaikan permukaan air laut mengancam semua terumbu karang," kata Shamberger. (*)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Terumbu Karang di Palau Rock Island Ini Tetap Sehat Meski Air Laut Semakin Asam Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad