Monday, March 31, 2014

Ayo Beraksi Atasi Risiko Iklim!

Dampak perubahan iklim sudah dirasakan di seluruh penjuru bumi, di darat maupun di laut. Dampak perubahan iklim ini semakin sulit untuk dibendung. Namun peluang guna mengurangi risiko perubahan iklim masih terbuka. Hal ini terungkap dalam laporan terbaru Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang dirilis hari ini (31/3) di Yokohama, Jepang.
Laporan berjudul “Climate Change 2014: Impacts, Adaptation, and Vulnerability” menyatakan, risiko perubahan iklim muncul karena dua hal; pertama, karena ketidaksiapan dunia dalam mengantisipasi perubahan iklim dan kedua, karena kondisi penduduk dan wilayah yang memang rentan perubahan iklim.
“Laporan ini menyimpulkan, penduduk, masyarakat dan ekosistem di seluruh dunia semakin rentan akibat perubahan iklim. Risiko perubahan iklim berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain dan diperparah oleh faktor-faktor lainnya,” ujar Chris Field, Wakil Ketua Kelompok Kerja II Perubahan Iklim IPCC sebagaimana disampaikan dalam siaran pers IPCC.
Laporan yang disusun oleh 1.729 ahli dari 70 negara ini menggariswabahi, risiko-risiko perubahan iklim bisa dikurangi dengan aksi-aksi yang cerdas.
Menurut IPCC, kuncinya adalah adaptasi perubahan iklim yang saat ini terus berlangsung perlu lebih banyak mengambil pelajaran dari berbagai bencana iklim yang telah terjadi dan beraksi guna mengantisipasi risiko-risiko selanjutnya.
“Adaptasi perubahan iklim bukan sesuatu yang baru. Pemerintah dan perusahaan memiliki pengalaman (dalam menciptakan program) adaptasi perubahan iklim. Pengalaman inilah yang harus menjadi landasan aksi yang lebih ambisius seiring perubahan yang terus terjadi pada iklim dan masyarakat,” ujar Chris Field.
Redaksi Hijauku.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ayo Beraksi Atasi Risiko Iklim! Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad