Sunday, April 27, 2014

Inilah Tekhnik Arum Jeram

Arum Jeram
Arung jeram atau Rafting adalah kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Walaupun begitu, kita harus mengerti tips - tips kegiatan Arung Jeram, terutama sebelum kita untuk pertama kalinya menceburkan diri di lingkungan arus deras dalam kegiatan Arung Jeram. Dan juga ada beberapa kondisi yang tidak memperbolehkan orang melakukan Arung Jeram.

- Baru sembuh dari sakit atau baru dirawat di rumah sakit.
- Cedera pada tangan dan bahu.
- Penderita epilepsi yang bisa kambuh saat stres atau panik.
- Asma tipe exercise induced ( asma yang timbul saat olah raga ).
- Memiliki riwayat penyakit yang membahayakan, misalnya hipertensi berat, penyakit jantung.

Sebelum memulai pengarungan, para Rafter harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan, antara lain :

a. Meski tidak ada pakaian khusus untuk berarung jeram, namun jangan menggunakan pakaian yang mudah menyerap air, seperti jins, karena akan memberatkan jika terkena air. Pilih pakaian dengan bahan yang ringan ( seperti lycra, neoprene dan parasut ), tidak menyerap air, dan tidak menyulitkan gerakan di air.

b. Sepatu juga tidak perlu jenis khusus, namun sebaiknya gunakan sandal gunung atau sepatu kets yang ringan dan tidak licin.

c. Makan dulu minimal dua jam sebelumnya. Jangan terlalu banyak karena bisa muntah jika sering mengalami goncangan di perahu. Makanlah makanan yang mengandung cukup kalori supaya bertenaga.

d. Sebelum berarung jeram, lakukan peregangan otot bahu dan lengan untuk menghindari cedera otot atau kram selama 30 menit.

e. Pasanglah pengait jika Anda memakai kacamata.

f. Bila memiliki rambut panjang, ikatlah dengan baik, jangan biarkan tergerai.

g. Pakailah Sunblock untuk menghindari sengatan matahari dengan SPF yang sesuai dengan kondisi kulit. Oleskan secara merata pada bagian tubuh yang sekiranya akan terpapar sinar Matahari, kecuali dahi dan lipatan lutut.

h. Tinggalkan barang berharga seperti, perhiasan, jam tangan, kunci mobil, HP, dll. dalam tempat yang aman.

i. Banyak minum meski tidak haus karena tubuh akan banyak berkeringat.

j. Bawa snack untuk menggantikan kalori yang terbuang dan obat - obatan, terutama obat untuk cedera, misalnya bidai, obat luka, obat pelemas otot. Semua barang tersebut harus terbungkus kantong plastik sebelum memasukkannya ke dalam Drybag. Pastikan membawa Drybag yang kondisinya baik dan Drybag terikat pada perahu selama pengarungan.

k. Jangan panik apapun yang terjadi, karena akan menyusahkan tim.

l. Pahami setiap petunjuk dengan benar dan ikuti petunjuk Skipper.

Selain persiapan yang matang, faktor lain yang menentukan asyik tidaknya pengarungan adalah perusahaan yang menyediakan wisata ini ( kecuali jika Anda berarung jeram bersama dengan anggota kelompok Anda sendiri ). Berikut adalah tips yang bisa Anda perhatikan ketika memilih perusahaan penyedia Outbound ini :

- Perusahaan pengelola olahraga Arung Jeram dapat dikategorikan baik bila ia memiliki Skipper yang handal pada sungai yang ingin dijelajahinya. Tak semua orang bisa menjadi memegang kendali di sungai yang berbeda - beda.

- Sebuah perusahaan yang baik akan menyediakan beberapa buah Boat. Akan lebih baik lagi bila Anda menjelajahi sungai dengan Boat yang berjumlah lebih dari satu. Anda akan lebih mudah “ditolong” bila terjadi sesuatu pada Boat Anda.

 - Selain perahu, peralatan lainnya haruslah yang masih layak pakai. Vest yang masih baik juga sama pentingnya dengan Boat yang baik. Vest ini akan sangat berguna untuk keselamatan Anda jika Anda terlempar dari perahu. Vest ini tak hanya membuat Anda mengapung tapi juga cukup kuat untuk ditarik. Pilihlah Vest yang pas di tubuh, kuat di bagian pundaknya dan memiliki tali pengait di antara pangkal paha
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tekhnik Arum Jeram Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad