Tuesday, April 8, 2014

Menikmati Indahnya Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera yang legendaris yang memiliki medan licin dan lereng curam serta berlumpur, menjelajahi hutan di sini adalah petualangan yang menkjubkan. Perjalanan melalui hutan yang rimbun akan mendebarkan dan Anda akan masuk dalamdunia baru.

Secara harfiah Bukit Lawang berarti "pintu ke bukit", Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di selatan Taman Nasional Gunung Leuser. Terletak sekitar 90 kilometer barat laut Medan, ibu kota Sumatera Utara.

Hutan ini merupakan lebat yang menarik hati, orangutan merupakan daya tarik utama di sini. Bukit Lawang adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menemukan primata langka dan hampir punah. Melihat makhluk anggun berayun - ayun melalui ranting - ranting pohon. Hutan ini adalah salah satu komunitas terbesar orangutan,  lebih dari 5000 orangutan tinggal di sini. 

Pusat rehabilitasi orangutan adalah tempat bagi orangutan yatim piatu yang dilatih hidup di alam bebas. Pusat ini telah beroperasi sejak tahun 1973 dan hingga kini telah menarik pengunjung dari seluruh dunia  untuk melihat sekilas makhluk menakjubkan.

Jumlah orangutan di hutan ini telah menurun akibat perburuan liar, perdagangan satwa dan lingkungan yang rusak. Pusat rehabilitasi ini membantu orangutan kembali kebiasaan alami mereka dengan menempatkan mereka melalui pelatihan yang intensif sebelum dikeluarkan ke alam liar. Ketikaprimata ini kembali hutan, pusat rehabilitasi terus menyediakan suplemen makanan dan pemeriksaan rutin.

Tak hanya orangutan, di Bukit Lawang Anda juga bisa melihat hewan - hewan liar lainnya seperti gajah, harimau, beruang madu, dan macan tutul.

www.belantaraindonesia.org
Di dalam Bukit Lawang terdapat beberapa hotel yang dioperasikan oleh warga setempat. Anda bisa menginap di homestay, wisma, atau rumah penduduk saat berkunjung. 

TIPS
  • Pastikan Anda sehat, fit dan perlengkapan Anda dengan baik karena navigasi hutan di Sumatera tidak selalu mudah.
  • Karena dampak perburuan dan penerbangan yang telah mengancam orangutan selama beberapa dekade. Untuk alasan ini ada aturan ketat bagi para pengunjung untuk berinteraksi dengan flora dan fauna di sini.
  • Bawalah lotion anti nyamuk dan lintah.
  • Setiap kali Anda melakukan perjalanan, pastikan untuk membawa tabir surya dan air minum.
  • Pakailah sepatu yang nyaman karena sebagai tanah di hutan ini selalu licin.
  • Pakailah baju lengan panjang dan celana panjang.
  • Sering hujan lebat di sore hari, sehingga bawalah jaket hujan dan tas tahan air untuk menutupi perlengkapan Anda.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jangan memberi makan binatang.
Untuk mencapai Bukit Lawang Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus ke desa ini dari kota Medan, Sumatera Utara. Perjalanannya memakan waktu sekira tiga jam.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Bukit Lawang Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad