Sunday, June 15, 2014

Gelar Go-Green, Kepedulian Terhadap Lingkungan

Laskar Ampera ARH Angkatan 66 Kepri bersama Forum Komunitas Hijau Kota Batam, menggelar acara penghijauan (Go-green) dengan menanam 250 batang pohon di Perumahan Rhabayu Regency dan Laguna Regency, Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Minggu (15/6).

Kegiatan penghijauan yang didukung Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemko Batam serta masyarakat dua perumahan ini, melakukan penanaman berbagai jenis pohon dan jenis buah, diantaranya pohon andira, kaya, jarak kota, palm dan oliana, serta pohon buah durian, sirsak dan mangga.

Ketua Laskar Ampera Arh angkatan 66 Kepri, Ibrahim Koto mengatakan bahwa program go-green ini merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh OKP Laskar Ampera bekerjasama dengan berbagai pihak dengan tujuan menyelamatkan lingkungan dan mempercantik lingkungan.

" Ini program keempat Laskar Ampera, tapi di perumahan ini program pertama, dan ini kita tujukan untuk menyelamatkan lingkungan," ungkap Ibrahim Koto.

Sebagai OKP, lanjut Ibrahim, ia bersama teman-temannya terpanggil untuk membantu masyarakat menata lingkungan perumahannya menjadi pemukiman hijau. Sehingga tidak saja hijau, tetapi menjadi upaya mengantisipasi kekeringan dan erosi.

Kenapa pilihannya Tanjung Riau? Dengan diplomatis Ibrahim menjawab bahwa di Tanjung Riau banyak perumahan baru, dan sepertinya belum tersentuh penghijauan.

Ketua FKHKB, Odit Kusumar Lubis mengatakan bahwa selama terbentuk komunitasnya sudah menanam 100 ribu batang pohon dan pohon buah. Yang lebih menariknya lagi, pohon tersebut disuplay dari kebun bibit mandiri yang dikeolah selama ini.

"Tidak kurang dari 100 ribu bibit sudah kita tanam bersama masyarakat," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, masyarakat yang membutuhkan bibit untuk penghijauan bisa berkomunikasi langsung dengan komunitasnya melalui BP Batam.

Di tempat yang sama, Lurah Tanjung Riau Ahmad Yani, mengingatkan bahwa tanggungjawab pemeliharaan dan penghijauan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, bukan diserahkan pada pemerintah.

Karenanya, ia memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat dengan kesadaran sendiri membangun konunikasi dengan Laskar Ampera dan Forum Komunitas Hijau untuk melakukan penghijauan.

"Apresiasi saya, ada kesadaran bersama dalam menghijaukan pemukiman kita," ungkapnya.

Selain penghijauan, ia juga mengingatkan agar warganya yang belum memiliki akte kelahiran segera melakukan pengurusan, serta menjanjikan pemukiman yang RWnya terlalu luas akan dilakukan pemekaran setelah Pilpres
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gelar Go-Green, Kepedulian Terhadap Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad