Thursday, June 5, 2014

Indahnya Kerinci Dari Bukit Khayangan

Indahnya Kerinci Dari Bukit Khayangan
Saat tiba di wilayah Kabupaten Kerinci, niscaya decak kagum tak akan terhenti terlontar. Perbukitan hijau memagari jalan raya, sawah - sawah nan subur mempercantik semesta. Kemudian cobalah hirup nafas dalam - dalam, maka udara yang segar akan menyusup ke paru - paru. Apalagi yang eksotis?

Domba dan kambing bebas berkeliaran di pinggir jalan. Pemandangan kerbau membajak sawah juga masih ada. Rumah - rumah warga dibangun memunggungi bukit, bahkan ada sebuah universitas yang dibangun tepat di depan bukit.

Berada di gugusan Gunung Raya , sepanjang perjalanan menawarkan keindahan panorama khas pegunungan. Jalan berkelok menanjak menyusuri tebing di lereng bukit. Getaran adrenalin pun sedikit muncul ketika melongok jurang dalam di seberang tebing. Terlihat pohon kayu manis ( Cinnamomum verum ) berdaun hijau kemerahan  menebarkan aroma khas menenangkan. 

Ini adalah tempat yang menawarkan kedamaian luar biasa. Jika Anda ingin menikmatinya dari ketinggian, Bukit Khayangan adalah pilihan yang tepat. Berada di ketinggian 1.500 Mdpl, dari sinilah lanskap menyeluruh Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh akan terlihat. Saat pandangan dilepas ke cakrawala, perbukitan subur tampak di kejauhan, terkadang awan - awan bergerombol menyelimutinya.

Indahnya Kerinci Dari Bukit Khayangan
Mulanya, Bukit Khayangan hanya berupa sepetak padepokan dengan atap yang diberi sentuhan tradisional. Berikutnya pada 2013, Pemerintah Kabupaten Kerinci mengubahnya menjadi taman nan cantik. Kini Bukit Khayangan dilapisi lantai keramik dan batu, dipenuhi tanaman dan bunga - bunga hias berwarna - warni, serta terdapat sebuah tugu di tengahnya.  

Selain mengagumi keindahan alamnya, Anda yang menggemari fotografi juga akan dimanjakan di sini. Tangkaplah momentum indah ketika Matahari terbit atau tenggelam, memotret perbukitan pun dapat dijadikan pilihan.

Taman di Bukit Khayangan sangat nyaman untuk berleha - leha. Dari sinilah sudut pandang terbaik disajikan, memandang dari ketinggian Kota Sungaipenuh, Danau Kerinci, Gunung Kerinci, serta hamparan sawah membentang dan desa - desa tempat tinggal penduduk yang tertata di sepanjang pinggiran bukit nan hijau.

Indahnya Kerinci Dari Bukit Khayangan
Dari sini pula, Anda bisa duduk santai sembari menikmati makan siang yang sudah disiapkan sebelum meraih tempat tersebut. Di Bukit Khayangan sendiri tidak terdapat warung makanan hanya perlu diperhatikan jangan meninggalkan sampah sepulangnya.

Untuk mencapai Bukit Khayangan, Anda membutuhkan waktu 8 -10 jam dari Kota Jambi menuju Kota Sungaipenuh dengan kendaraan sewaan ataupun mobil travel.

Dari Kota Sungaipenuh, Anda masih melanjutkan perjalanan sekira 30 menit berkendara dengan motor ataupun mobil menuju Desa Bina Karya. Kondisi jalanan sudah sangat baik. Meskipun harus melewati kelokan menanjak, panorama kanan dan kiri jalan tidak akan membuat Anda bosan. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indahnya Kerinci Dari Bukit Khayangan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad