Tuesday, June 3, 2014

Menikmati Segarnya Air Terjun Parangloe-Gowa

Air Terjun Parangloe
Air Terjun Parangloe merupakan air terjun terindah di wilayah Sulawesi Selatan karena memiliki karakteristik air terjun yang bertingkat dengan susuan batu yang menarik dan airnya yang jernih. Tempat ini masih sangat asri, masih jarang orang yang datang berkunjung dan akses untuk menuju tempat ini masih cukup sulit karena kita harus menuruni jalan setapak yang lebih mirip sebagai jalur air hujan dengan tingkat kemiringan 30 s.d 45 derajat.

Berjarak tempuh 2 jam dari kota Makasar.  Untuk mencapai lokasi ini ikuti jalan poros Makassar – Goa – Malino.  Ketika sampai di seputar wilayah Bendungan Bili-Bili perjalanan akan sedikit menantang karena ada beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan parah sehingga laju kendaraaan akan sedikit terhambat karena banyak truk-truk besar bermuatan pasir dan batu melewati jalan ini.  Setelah kurang dari 20 menit setelah melewati Bendungan Bili-Bili sebaiknya bertanya ke pada penduduk sekitarnya karena ketiadaan plang atau informasi mengenai keberadaan air terjun ini.

Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
Mengunjungi Air Terjun merupakan sesuatu yang menarik. Segarnya air, hijaunya alam, dan riak riuh suara air yang jatuh dari atas memiliki rasa yang sangat menakjubkan. Air Terjun Parangloe terletak di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jarak yang ditempuh kira-kira 43 km ke arah timur Makasar menuju Malino.

Untuk mencapai lokasi ini sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri atau sewaan, bisa mobil atau motor. Di Jalan Poros Malino km 41, ambil belokan ke kiri masuk ke kompleks Kantor DInas Kehutanan Parangloe. Parkir kendaran di sana dan mulailah berjalan kaki masuk ke hutan kira kira 2 km dengan waktu sekitar 45 menit tempuh. Jalan menuju lokasi ini masih tanah, berbatu, dan turun naik tidak bisa di tempuh oleh kendaraan biasa, kecuali kendaraan offroad.

Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
TIdak banyak orang tahu lokasi air terjun ini, bahkan penduduk lokal sekitar pun. Hanya kelompok pencinta alam dan mahasiswa yang biasanya mengadakan acara camp di sini
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Segarnya Air Terjun Parangloe-Gowa Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad