Friday, October 10, 2014

Mengenal Gunung Awu - Sulawesi Utara

PUNCAK GUNUNG AWU
Gunung Awu adalah gunung berapi aktif bertipe stratovolcano dengan kawah yang sangat dalam seluas 4,5 KM persegi dan merupakan salah satu gunung berapi paling mematikan yang terletak di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Indonesia.

Gunung ini tercatat pernah menciptakan letusan dahsyat yang terjadi pada tahun 1711, 1812, 1856, 1892 dan terakhir kali pada tahun 1966 yang menelan lebih dari 8000 korban jiwa oleh lahar panas yang besar.

Kawah dengan lebar 4,5 km terdapat di puncak dengan jurang yang dalam dikelilingi celah raksasa di sepanjang lembah sebagai jalan lahar yang membelah sisi-sisi kawah.

Terdapat sebuah danau dangkal di dalam kawah yang terletak di puncak gunung. Dasar kawah yang dalam di kelilingi lembah setinggi 1.320 meter membuat gunung Awu sebagai gunung berapi dahsyat yang berada dalam cincin api.

Gunung ini terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan dikelilingi oleh kepulauan Sangihe. Jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ini biasanya dimulai dari desa Anggis di pantai selatan yang berjarak sekitar 7 km dari kawah.

Di atas puncak Gunug Awu
Perjalanan mendaki dimulai dengan menyusuri hutan kelapa untuk mencapai titik triangulasi sepanjang 350 meter dan kemudian akan sampai di Desa Kanaka, Panise dan terakhir Desa Panto Unema untuk mempersiapkan pendakian yang sesungguhnya.

Selanjutnya pendakian berat akan dimulai menuju ke puncak setinggi 500 meter dan masih bisa menemukan lahan tanaman pertanian, selanjutnya menembus lava keras setinggi 350 meter dan pendakian menjadi semakin mudah.

Tipe Gunungapi                                : Strato dengan danau kawah
Letak                                                      : Arsipel Sangihe, Kabupaten Taruna atau Tahuna dan Kabupaten Peta
Letak Geografis                                 : 3o 40’ Lintang Utara dan 125o 30’ Bujur Timur
Ketinggian (di atas muka laut)    : Puncak 1320 m; Danau Kawah 921,12 m
Kedalaman danau kawah              : Tahun 1922 => 150 – 172 m dan 1968 (2 tahun setelah letusan) => 5 – 10 m
Ketinggian (di atas dasar laut)    : 3300 m

BENTUK DAN STRUKTUR
Gunung Awu menempati daerah seluas 135 km2 terletak di bagian utara dari pulau Sangihe Besar dan bagian sebelah tenggara, jaringan lerengnya melandai teratur ke lautan yang mengelilinginya.
Lembah lahar yang dalam tampak di bagian atas dari kerucut rombakan yang datar dari kaki gunung. Puncak gunung Awu sekarang terjadi di dalam sebuah kaldera lama dengan garis tengah 4,5 km dan kapasitas kawah adalah 40 juta m3 air.

KEGIATAN
1640 – 1641 Bulan Desember 1640, kemudian 3 -4 Januari 1641
Antara 1641-1677 Letusan eksplosif dalam kawah pusat
1711 10 – 16 Desember. Letusan dengan awanpanas dan laharletusan dari kawah pusat, disusul lahar hujan. Daerah antara Tabuhan dan Taruna hancur. Korban manusia 3000 orang dengan rincian 2030 orang di Kendhar, di antaranya Raja Syamsialam; 70 orang di Koloza; 408 orang di Taruna.
1812 6 -8 Agustus. Letusan dan akibata serupa dengan yang terjadi dalam 1711. Pohon niur hancur di seluruh pantai, beratus-ratus penduduk Tabuhan, Khendar dan Kolengan menjadi korban.
1856 2 – 7 Maret. Letusan dan akibat serupa dengan yang sebelumnya. Awanpanas, laharletusan, dan laharhujan. Kampung Trijang dan pondok Pembalarian, Labakassin, Patung dan Hilang hancur sama sekali. Korban 2806 orang.
1875 Bulan Agustus terjadi letusan kecil dari kawah pusat.
1885 18 Agustus. Sama dengan yang terjadi tahun 1875.
1892 7 Juni. Tipe letusan mengeluarkan awanpanas, laharletusan dan laharhujan. Hampir semua kampung sebelah pantai utara hancur, kampung yang paling parah ialah yang terletak antara Sawang dan Tabuka. Jumlah korban yaitu 1532 orang di daerah Mala, Akembuala, Anggis, Miteing, Kolongan, Metih dan Khendar Trijang akibat lahar.
1893 Letusan preatik dari kawah pusat.
1913 14 Maret. Letusan kecil dari kawah pusat.
1921 Bulan Februari. Terjadi letusan preatik.
1922 20 Juni – September. Terjadi letusan preatik.
1931 15 Maret terjadi letusan. Tanggal 7 April  tampak doma lava di bawah dekat permukaan danau. Pembentukannya terus berlangsung, hingga Desember mencapai tinggi 80 m.
1966 12 Agustus. Letusan berupa awanpanas, lahar letusan dan material jatuhan piroklastik yang mengakibatkan 39 orang korban. Pada tanggal 10 Agustus terjadi gempa tektonik di daerah Donggala dan Minahasa, pulau Sangir Talaud, dan di sekitar Gunung Awu akan tetapi tidak mempengaruhi kegiatan Gunung Awu yang ada dalam stadia istirahat.

TIPE LETUSAN GUNUNG AWU

Tipe letusan Gunung Awu sepanjang masa hingga 1966 ini serupa, tetap, konstan dan konsekuen dengan Tipe Letusan Gunung Kelut di Jawa.
Urutan jalan letusan adalah :
Fasa 1. Kawah Gunung Awu diisi air yang tiap terjadi letusan dilemparkan ke luar
Fasa 2. Air danau yang dilontarkan membentuk lahar letusan yang mengalir lewat jurang hingga laut, biasanya disertai dengan awan panas letusan
Fasa 3. Hujan abu dan hujan batuapung dimulai, disertai awan panas yang meluncur lewat jurang
Fasa 4a. Dalam Kawah
Terakhir hujan abu dan hujan batu, sebuah danau muncul pada pipa kawahnya, dasar kawah tertutup, lambat laun terjadi lagi sebuah danau
Fasa 4b. Di luar Kawah
Bahan letusan (ladu, abu dsb) yang terhimpun oleh letusan terakhir di hulu sungai disebabkan hujan dialirkan sebagai lahar ke laut

BATAS DAERAH BAHAYA
Daerah Bahaya
Batas daerah bahaya ini berdasarkan bahaya awan panas, aliran lava, lahar letusan dan lahar hujan, maupun bahaya bom diperkirakan meliputi :
-          Daerah yang dibatasi seluruh pantai di sekeliling gunung antar Taruna dan Kampung Sahabe
-          Di sebelah timur menenggara dibatasi oleh suatu garis perbatasan mulai dari Taruna melalui puncak Gunung Taruna, Gunung Pasong hingga di Kampung Sahabe di pantai timur.
Luas daerah ini sekitar 144,8 km2 dengan jumlah penduduk 24.100 orang (1973).
Daerah Waspada
Batas daerah waspada ini berdasarkan bahaya eflata dan merupakan daerah berbentuk lingkaran di luar daerah bahaya dengan jari-jari 8 km dengan titik letusan di kawah sebagai pusatnya. Sebagian besar daerah ini adalah laut, kecuali daerah sebelah timur menenggara antara Taruna dan Danau Utaurano. Luas daerah ini sekitar 55,3 km2 dengan jumlah penduduk 1.700 orang (1973).
Daerah Aman
Daerah aman yang dapat menjadi tempat berlindung yaitu
-          Kampung Talaud yang terlindung oleh beberapa bukit yang menghalangi serangan awan panas dan lahar, yaitu bukit Burude Dipahe, Br. Bio dan Br. Bowongguwe
-          Akembahi yang terlindung oleh Burude Laeke, Hope dan Banewa.
-          Daerah aman lainnya yaitu daerah antara Kampung Tabuhan Lama – Talolang – Pasih – Lengganeng – Taruna karena terlindung oleh bukit Lepu Sehengbaliba – Posong dan Baku.

Galery Foto by : Ichiro Roedy Mamoru
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Gunung Awu - Sulawesi Utara Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad