Monday, May 11, 2015

Inilah Tips Agar Anak Cinta Membaca

Inilah Aku "saat latihan membaca umur aku masih 5 bulan loh
Tak diragukan lagi bahwa membaca adalah jendela ilmu pengetahuan. Ada baiknya membiasakan membaca buku sejak usia dini karena akan membantu imajinasi dan mengasah kreativitas mereka.

Namun, di era yang serba modern ini anak-anak tampaknya lebih memilih untuk bermain video game atau gadget canggih. Lalu bagaimana agar mereka mulai tertarik membaca buku? Berikut ini adalah beberapa trik agar si kecil gemar membaca seperti yang dilansir dari Times of India dan dikutip viva. co. id:

Tentukan waktu membaca reguler

"Jika membaca telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, maka lama kelamaan membaca juga akan menjadi hobi anak-anak Anda," ujar psikolog, Seema Hingorany.

Ia juga mengatakan bahwa untuk menentukan waktu membaca rutin bisa dilakukan mulai dari usia balita. Walaupun mereka belum bisa membaca, mendengar orang tua membacakan cerita bisa menjadi hal yang seru. Pilih juga buku cerita anak-anak dengan gambar-gambar yang menarik.

Sesuaikan dengan selera anak

Pilih buku dengan tema-tema yang disukai anak Anda seperti dinosaurus, hewan-hewan lucu, pesawat luar angkasa dan sebagainya. Anda juga perlu belajar membaca dengan intonasi dan suara yang lucu agar anak tertarik untuk mendengarkan.

Beri contoh

Jika Anda tidak suka membaca, anak-anak akan cenderung meniru perilaku Anda. Untuk itu, mulai lah membaca novel atau hal-hal sederhana seperti koran dan majalah. Melihat orang tuanya membaca juga mampu memengaruhi ketertarikan mereka pada buku bacaan.

Ajak anak ke toko buku

Saat mengajak si kecil jalan-jalan ke luar rumah, toko buku atau perpustakaan dapat menjadi pilihan. Dengan begitu, buah hati Anda akan terbiasa melihat buku-buku dan rasa ingin tahu mereka pun akan timbul.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Agar Anak Cinta Membaca Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/