Tuesday, June 16, 2015

Inilah Hal Yang Harus Diwaspadai Saat Mendaki Gunung

Waspadai Hal Ini Saat Mendaki Gunung
Mendaki gunung memang menyenangkan bagi beberapa kalangan. Tetapi kegiatan tersebut tentu tak lepas dari berbagai macam faktor alam yang bisa terjadi kapan saja. Agar lebih siap saat hendak mendaki gunung, ada baiknya kita mewaspadai beberapa hal ini yang pastinya demi kebaikan bersama. Baik sebagai team maupun individu.

Jalur Pendakian
Hal pertama yang harus diwaspadai seorang pendaki adalah medan atau jalur pendakian. Untuk setiap gunung, jalur pendakian yang ada berbeda satu sama lain, sesuai karakteristiknya masing - masing. Pastikan Anda tidak mencoba untuk keluar jalur atau membuka jalur baru, terlebih jika tidak didampingi pendaki yang lebih senior atau pemandu gunung. Usahakan untuk selalu mengikuti jalur, dan lengkapi diri dengan informasi dan perlengkapan yang sesuai medan.

Cuaca
Saat naik gunung, tidak jarang pendakian terhenti sementara akibat hujan yang mendadak turun. Tidak jarang juga jika cuaca menjadi begitu panas dan memaksa pendaki untuk istirahat. Cuaca memang menjadi salah satu hal yang dapat terjadi kapan saja di gunung.

Untuk menyikapinya, tentu Anda harus selalu membawa ponco atau jaket hujan, hingga lotion anti sinar Matahari. Dengan melakukan beberapa persiapan yang mendasar, para pendaki dapat tetap mendaki gunung dengan nyaman.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi perihal cuaca di gunung saat mau mendaki. Dengan cara itu, Anda dapat melakukan persiapan yang dibutuhkan sebelum pendakian. 

Hewan Liar
Namanya mendaki di gunung yang masih luar, tidak jarang kita bertemu dengan binatang yang menghuni lingkungan sekitar. Selain dapat bertemu hewan yang jinak seperti rusa, tidak jarang juga kita bertemu dengan hewan liar yang cenderung buas.

Adapun beberapa hewan buas seperti ular, babi hutan, hingga monyet yang agresif dapat dijumpai saat pendakian. Oleh sebab itu para pendaki dituntut agar lebih mawas diri dan memperhatikan lingkungan di sekitarnya.

Akan lebih baik jika Anda menghindari pertemuan dengan hewan buas saat pendakian. Namun jika kebetulan bertemu, sebaiknya hiraukan saja dan pergi menjauh secepat mungkin. Terkadang, hewan - hewan itu yang duluan menghindari kita. Ingat, menghindari lebih baik sebelum kejadian.

Longsor
Bencana longsor merupakan salah satu hal yang bisa saja terjadi dalam pendakian. Umumnya, longsor yang terjadi di gunung disebabkan oleh permukaan tanah yang berpindah akibat hujan deras yang terjadi terus menerus.

Selain itu, longsor juga dapat terjadi pada permukaan gunung yang cenderung curam dan labil. Oleh sebab itu, usahakan untuk mendaki saat cuaca sedang cerah dan tidak hujan.

Setidaknya potensi longsor lebih minim terjadi saat cuaca cerah. Hindari juga jalur - jalur pendakian yang rawan longsor. 

Badai
Dalam banyak kasus musibah di gunung, badai merupakan salah satu faktor alam yang dapat terjadi. Akibat badai, tidak jarang pendakian harus dihentikan sesaat. Tentunya lebih baik untuk menghentikan pendakian, ketimbang memaksa dan malah membahayakan diri saat badai terjadi.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengecek soal kondisi cuaca di gunung sebelum mendaki. Setidaknya pendakian akan jauh lebih nyaman untuk dilakukan saat cuaca sedang cerah tanpa badai.

Uap Belerang
Jika Anda  tengah mendaki mendaki gunung yang masih aktif, bukan tidak mungkin jika tercium bau uap belerang. Bau uap belerang dapat mmebuat mata pedas, hingga membuat paru - paru sesak apabila dihirup secara berlebihan.

Bahkan pada waktu tertentu, gunung dapat mengeluarkan uap belerang dalam jumlah besar. Untuk itu, tidak ada salahnya apabila Anda turut serta membawa masker saat pendakian. Sedia masker saat mendaki tidak ada salahnya kok.

Erupsi
Dalam waktu tertentu, gunung berapi yang masih aktif dapat meletus dan menciptakan erupsi berupa lahar panas. Hal tersebut merupakan salah satu hal umum terjadi saat gunung tengah meletus.

Umumnya para pendaki memang tidak diperbolehkan untuk mendaki gunung yang sedang aktif, atau akan meletus. Begitu ada kondisi siaga, jalur pendakian ditutup.

Nah, bagaimana dengan mereka yang sedang dalam pendakian? Biasanya erupsi didahului sejumlah gejala seperti gempa vulkanik, dan keluarnya asap dari kawah. Jika sudah demikian, segera batalkan pendakian dan turun gunung demi keselamatan.

Itulah beberapa hal yang dapat terjadi dan harus diwaspadai jika naik gunung. Mendaki gunung memang merupakan hal yang sangat menyenangkan, tetapi harus tetap dilakukan dengan hati - hati dan bertanggung jawab.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Hal Yang Harus Diwaspadai Saat Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/