Tuesday, June 9, 2015

Inilah Tips Menghadapi Rasa Lelah Saat Naik Gunung

Kamu merasa lelah saat naik gunung? Itu pasti. Tetapi jangan terlalu khawatir, ada beberapa tips menghadapi rasa lelah saat naik gunung. Setiap pendaki pasti merasa letih saat naik gunung. Namun beda orang, beda lagi cara menyiasati rasa lelah tersebut. Ayo teruskan pendakian, jangan menyerah di tengah jalan!  Dan berikut ini tips menghadapi rasa lelah saat naik gunung.

Istirahat Sejenak
Beristirahat adalah hal pertama yang harus dilakukan saat kamu merasa kelelahan. Cari permukaan datar kemudian duduklah, selonjorkan kaki, posisi punggung rileks. Atur nafas kamu secara perlahan sampai kembali normal dan tidak ngos - ngosan.

Minum Secukupnya
Wajib bagi kamu minum air putih selama pendakian. Namun banyak pendaki salah kaprah, harus minum air putih sebanyak mungkin saat mendaki. Cara yang benar, minumlah secukupnya sekitar 2 - 3 teguk. Ini berguna untuk membasahi tenggorokan dan mengusir rasa haus. Lagipula harus ingat, persediaan air minum mu terbatas! 

Jaga Ritme Langkah
Jangan biarkan tubuh kamu beristirahat terlalu lama. Tubuh yang sudah 'panas' akan kembali dingin jika terlalu lama dalam kondisi diam. Ini membuat tubuh  harus kembali menyesuaikan dengan medan. Saat kamu kembali berjalan, jangan lupa untuk menjaga ritme langkah. Jangan terlalu lebar, karena bisa membuat kelelahan. Pelan tapi pasti lebih baik dibanding cepat tapi akan membuat kamu cepat letih.

Jangan Pikirkan Jarak
Banyak pendaki yang terburu - buru ingin cepat sampai puncak. Dari awal mendaki, jangan biarkan pikiran seperti ini merasuk dalam diri kamu. Tak perlu memikirkan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai ke puncak, atau berapa meter lagi ketinggian yang harus dicapai. Nikmati saja suasana, niscaya perjalanan akan terasa cepat.

Jangan Istirahat Sendirian
Jika kamu ingin beristirahat, mintalah sedikitnya 1 orang untuk menemani. Jangan sampai kamu tertinggal di belakang, kemudian harus menyusul seorang diri. Ini memungkinkan untuk terlepas dari rombongan, atau bahkan tersesat. 

Buka Tenda Jika Diperlukan
Jika merasa tubuhmu sudah tak mampu mendaki, jangan dipaksakan. Bicaralah ke teman - teman dan mintalah kepada mereka untuk membukakan tenda. Batas kemampuan setiap orang dalam mendaki gunung berbeda - beda. Menggapai puncak gunung memang membanggakan, namun jangan sampai membahayakan keselamatanmu. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Menghadapi Rasa Lelah Saat Naik Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/