Monday, July 27, 2015

Indonesia Begitu Indah

Yakinlah, Indonesia itu cantik adanya, sulit percaya? Setidaknya pesona alam Indonesia berikut ini akan membuat Anda menjadi yakin bahwa di Bumi dimana kita tinggal memiliki banyak sekali destinasi yang teramat indah lengkap dengan kearifan lokal penghuninya. Tempat - tempat ini punya pemandangan menawan, serta keunikan yang membuatnya tersohor di mata dunia.

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur
Di Nusa Tenggara Timur tepatnya Kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, ada sebuah desa unik di ketinggian 1.200 mMdpl. Namanya Wae Rebo, yang merupakan desa adat dengan 7 rumah utama berbentuk kerucut. Satu rumah bisa ditinggali 6 - 8 keluarga. Rumah ini memiliki diameter dan ketinggian yang sama.

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur
Di sini, Anda bisa merasakan hidup tanpa sinyal ponsel apalagi internet. Nikmatilah pengalaman hidup jauh dari peradaban, di tengah lanskap hijau dengan pemandangan menawan. Berkunjung ke sini akan membuat Anda lebih menghargai orang sekitar. Apalagi, anak - anak di Wae Rebo terkenal ramah dan suka bermain dengan wisatawan.

Bromo, Jawa Timur
Bisa dibilang, Gunung Bromo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) adalah primadona keindahan alam di Jawa Timur. Keindahan gunung ini sudah mendunia, tiap hari Gunung Bromo selalu didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Bromo, Jawa Timur
Berada di tempat ini, Anda akan merasakan betapa indahnya alam Nusantara. Mulailah dari Pananjakan, tempat melihat terbitnya Matahari dengan pemandangan menawan. Setelah itu Anda bisa mengarungi lautan pasir, sebelum akhirnya mendaki Bromo sampai puncak. Jangan lupa abadikan momen dengan kamera, Anda bisa menyebar fotonya di media sosial agar dunia tahu betapa indah dan cantiknya Indonesia!

Suku Baduy, Banten
Suku Baduy, atau juga disebut Urang Kanekes, adalah suatu kelompok masyarakat adat yang mendiami wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Mereka punya adat istiadat tersendiri dan tertutup dari dunia luar.

Bromo, Jawa Timur
Satu hal yang paling identik dengan Suku Baduy adalah kearifan lokalnya. Suku Baduy sangat menghormati alam. Jika mereka baik dengan alam, maka alam akan lebih baik kepada mereka. Ajaran seperti itu masih terasa kental pada Suku Baduy.

Mereka sama sekali menjaga kebersihan dan tidak melakukan perusakan terhadap hutan. Jangankan itu, mereka saja menolak memakai shampoo dan sabun mandi di sungai karena dianggap dapat mencemarkan lingkungan. Kuncinya, mereka hidup selaras dengan alam.

Pintu masuk menuju tempat tinggal pemukiman Suku Baduy adalah Desa Ciboleger yang menjadi pemukiman Baduy Luar. Setelah itu, Anda bisa berjalan ke berbagai desa di Baduy Dalam seperti Cibeo, Cikitawarna dan Cikeusik. Kalau Baduy Luar tersebar di 49 desa.

Puncak Carstensz, Papua
Meski negara tropis, Indonesia punya salju abadi yang terletak di puncak gunung. Carstensz, begitu nama puncak yang merupakan titik tertinggi di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Ketinggiannya 4.884 Mdpl, dan masuk dalam World's Seven Summit alias 7 puncak tertinggi di dunia.

Puncak Carstensz, Papua
Mendaki sampai Puncak Carstensz tidaklah gampang. Dari Timika atau Nabire, perjalanan dilanjutkan naik pesawat perintis ke Sugapa di Intan Jaya. Dari sana, perjalanan dilanjutkan 8 jam ke Desa Ugimba. Jalan kaki menuju Puncak Carstensz paling cepat memakan waktu 4 hari.

Butuh latihan serta fisik yang kuat untuk bisa sampai Puncak Carstensz. Namun para pendaki yang sudah mencapai Carstensz mengakui, rasa nasionalisme pasti membuncah ketika tiba di puncak penuh salju abadi itu. Mendaki Carstensz pasti jadi pengalaman satu kali dalam seumur hidup.

Raja Ampat, Papua Barat
Bagi para diver, Raja Ampat adalah tempat 'naik haji'. Perairan di Papua Barat ini punya biota laut yang sangat kaya, serupa dengan lautan Karibia serta Great Barrier Reef di Australia. Diving di tempat ini, berarti Anda sudah melihat salah satu kekayaan alam bawah laut terindah di Indonesia.

Raja Ampat, Papua Barat
Tak heran, Raja Ampat menjadi destinasi para penyelam dari berbagai belahan dunia. Dari hiu, manta, sampai hiu paus ( Whale Shark ) bisa ditemui di perairan Raja Ampat dan sekitarnya. Hiu karpet menjadi spesies endemik di kawasan ini.

Terdapat banyak spot diving di Raja Ampat. Mulai dari Mansuar, Piaynemo, Manta Point, sampai Wayag yang menjadi ikon Raja Ampat.

Bali
Bagi turis mancanegara, Bali adalah destinasi wajib sekaligus bisa dibilang terlengkap di Indonesia. Betapa tidak, Pulau Dewata punya banyak suguhan. Mulai dari pantai, laut, gunung, danau, kuliner, serta budaya dan tradisi masyarakat lokal yang terjaga ratusan tahun lamanya.

Tak heran Bali menjadi salah satu highlight dalam buku Eat, Pray, Love yang kemudian dijadikan film. Dalam film tersebut, sang pemain yaitu julia Roberts mengunjungi Bali untuk mendalami spiritualitas sekaligus mengubah cara pandangnya tentang kehidupan.

Pulau Dewata seperti tak habis dijelajahi. Terlepas dari kawasan ramai seperti Kuta, Legian, Seminyak dan Ubud, masih banyak daerah yang belum sepenuhnya dijamah turis. Mulai dari Kintamani, Singaraja, Pemuteran, sampai Taman Nasional Bali Barat yang masih alami.

Aceh
Sebagai provinsi paling barat di Indonesia, Aceh punya banyak suguhan untuk wisatawan. Namun terlepas dari itu, Aceh punya banyak destinasi yang akan memperluas ilmu pengetahuan. Aceh juga jadi destinasi tepat untuk wisata religi dan sejarah.

Museum Tsunami di Banda Aceh adalah tempat Anda mengenang tragedi tsunami yang melanda Aceh tahun 2004. Museum dengan bangunan futuristik ini akan membuat hati terenyuh, khususnya saat melihat Asma Allah di satu ruangannya.

Selain Banda Aceh, Anda bisa mengunjungi Pulau Weh yang merupakan pulau paling barat di Indonesia. Di sinilah Titik Nol Kilometer berada, ditandai oleh sebuah tugu. Pulau Weh juga jadi destinasi populer untuk diving dan snorkeling.

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara
Indonesia juga punya kekayaan flora dan fauna yang tak terhitung. Salah satunya adalah komodo, yang populasinya terjaga di Taman Nasional Komodo. Inilah dinosaurus terakhir di Bumi, yang tidak ditemukan di tempat lain!

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara
Taman Nasional Komodo terletak di antara Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pintu masuknya adalah Labuan Bajo, sebuah kota pelabuhan di NTB. Untuk melihat Si Naga Purba, Anda bisa sewa boat mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Taman Nasional ini juga tersohor akan keindahan perairannya. Pulau Komodo punya Pink Beach, pantai landai dengan pasir merah muda akibat koral warna merah yang terdapat di perairannya. Tak heran, seleb Hollywood seperti Gwyneth Paltrow mengajak kedua anaknya liburan ke TN Komodo pada 2013 lalu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indonesia Begitu Indah Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/