Saturday, November 7, 2015

Menengal Lebih Dekat Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Madakaripura merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna.

Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Timur.

Selain indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini juga diyakini sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada.

Jika Anda jalan-jalan ke Gunung Bromo, tak ada salahnya mampir ke Air Terjun Madakaripura. Tak begitu jauh dari sana. Air Terjun Madakaripura dapat dicapai dengan mengikuti jalur turun dari Gunung Bromo. Ada petunjuk arah yang jelas untuk mencapai Air Terjun Madakaripura, Anda cukup mengikutinya saja.

Jalanannya tidak lurus. Berkelok-kelok khas pegunungan menuju ke sebuah air terjun. Hutan di sekitar jalan sudah mulai terlihat menggundul, ditebang untuk dijadikan lahan yang baru. Menyedihkan. Namun, sepanjang perjalanan menuju air terjunnya untungnya masih sangat alami. Jarak yang harus ditempuh berjalan kaki adalah sejauh kurang lebih 1 kilometer.

Berbeda dengan air terjun lain yang sudah memiliki jalur khusus dimana dibangun jalan setapak atau anak tangga untuk mencapainya, Air Terjun Madakaripura masih mengandalkan jalur alami yang dikelilingi dengan tebing-tebing yang tinggi yang ditempeli lumut-lumut hijau dan tetesan air di atasnya. Air terjun inilah yang ada di sela tebing tinggi tersebut. Ada tiga air yang terjun dari atas bukit dan airnya mengalir ke bawah sejauh kurang lebih 50 meter ke bawah.

Kenapa nama air terjun ini terdengar sedikit aneh? Madakaripura. Nama tersebut kurang lebih berarti sebagai tempat bertapanya mahapatih Gajahmada dari Majapahit. Keindahan Air Terjun Madakaripura jangan Anda tanya lagi, hanya yang pernah menikmatinya saja yang bisa menggambarkan keindahannya dengan kata-kata.

Di balik Air Terjun Madakaripura terdapat pula sebuah gua, namun akan sangat sulit untuk menjangkau gua tersebut, karena untuk menuju ke sana, terlebih dahulu kita harus melewati kolam air yang terdapat tepat di bawah Air Terjun Madakaripura. Sedangkan tinggi air sendiri bisa mencapai 7 meter dan arus air sangat deras. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki cukup kemampuan dan persiapan yang cukup, tidak mungkin juga untuk sekaligus melihat gua yang ada di balik Air Terjun Madakaripura.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengal Lebih Dekat Air Terjun Madakaripura Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/