Monday, November 23, 2015

Menengok Pelaksanaan Festival Danau Toba

Festival Danau Toba 2015
Festival Danau Toba 2015 dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 19 November 2015 dengan disambut arak-arakan kain ulos sepanjang 400 meter di Taman Majua-Jua di Tanah Karo, Sumatera Utara. Pemerintah Kabupaten Karo terpilih menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya karena dianggap siap dan merupakan kabupaten di sekitar Danau Toba yang belum pernah mendapat giliran melaksanakan festival tersebut.

Festival Danau Toba tahun ini diisi beragam kegiatan seperti lomba vokal solo, renang, binaraga, geopark heroes, seminar tentang budaya, juga kegiatan live cooking. Selain itu, jug menampilkan Gundala agar pengunjung dapat mengetahui sejarah Gundala yang selama ini dilupakan.

Perbedaan lain ada pada latar festival. Kabupaten Karo menyuguhkan pemandangan Gunung Sinabung, tidak lagi Danau Toba. Dengan ini justru pemerintah setempat ingin menunjukkan bahwa erupsi Gunung Sinabung tidak memiliki dampak terhadap pelaksanaan Festival Danau Toba, bahkan Gunung Sinabung dapat diangkat menjadi ikon dalam festival tersebut.

Danau Toba merupakan destinasi yang menakjubkan di Pulau Sumatera. Begitu unik karena memiliki luas 1.145 kilometer yang lebih menyerupai lautan. Di tengah danau berdiam Pulau Samosir dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

Para ahli memperkirakan danau ini terbentuk karena letusan gunung api yang hebat. Saat itu 2.800 kilometer kubik vulkanik dimuntahkan Gunung Toba menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi, kematian massal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup.

Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia yang begitu indah. Tempat dimana Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan suasana santai masyarakatnya yang ramah.

Untuk menuju Danau Toba, Anda dapat menjadikan Medan sebagai pintu gerbang. Tersedia pernerbangan ke kota ini dari berbagai kota besar di Indonesia. Berikutnya lanjutkan perjalanan ke Parapat yang berjarak 176 km dari Medan dan dapat dijangkau sekitar 6 jam dengan bus. Ada dua rute bus yaitu Medan-Parapat atau melalui Medan-Brastagi, ongkosnya sekitar Rp40.000,-. Anda juga dapat menaiki taksi dari Medan ke Parapat dengan ongkos sekitar Rp70.000,- dengan perjalanan selama 4 jam. from Pesona Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Pelaksanaan Festival Danau Toba Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/