Tuesday, November 24, 2015

Menengok Tangga Surga Di Papua

Tangga Surga Papua
Papua dan alamnya sangat menarik untuk ditelusuri. Bagaikan misteri yang membuat penasaran, selalu penuh sejarah dan tentu saja indah dipandang mata. Bentang alam Papua seolah tak akan habis di jelajahi. Suguhan alam yang hanya ada di Indonesia, salah satunya yang belum diketahui orang adalah gunung bernama Tangga Surga! Menarik?

Bila kita ke Carstensz Pyramid memulai perjalanan dari Bandara Mozes Kilangin di Timika menuju ke Sugapa. Selain melihat Puncak Jaya dan Sumantri dari kejuahan yang berwarna putih karena punya salju abadi, ternyata ada satu lagi pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Namanya Tangga Surga.

Wah, bentuknya indah sekali. Bentuknya bukan seperti gunung yang menonjol ke atas. Namun, seperti lapangan luas yang seolah terbelah secara diagonal. Tapi, mengapa namanya Tangga Surga?

Nama tersebut diberikan oleh tentara Amerika yang datang ke sana di sekitar tahun 2007 - 2008. Pada Perang Dunia II banyak pesawat Jepang dan Amerika yang menabrak gunung tersebut. Barulah beberapa tahun lalu, tentara Amerika datang untuk mengevakuasi bangkai pesawat, tengkorak - tengkorak prajuritnya dan senjata - senjata yang masih ada di situ.

Uniknya, tebing yang menjulang tinggi di sana yang terdiri dari batu justru menyerupai suatu tangga. Tangga yang alami, yang menjulang tinggi ke atas dan medannya berat.

Tangga - tangga itu ada dari ketinggian 3.100 Mdpl sampai 4.800 Mdpl yang hampir sama seperti tinggi Puncak Carstensz. Tangga - tangganya terbuat dari batu dan alami.

Tentara Amerika yang mengevakuasi tadi, mereka pun mengakui medannya sangat berat. Namun kata mereka lanskap di sana sangatlah indah. Tentara Amerika itu bilang sebelum datang ke surga harus datang dulu ke Papua. Salah satunya gunung itu, yang akhirnya mereka beri nama Tangga Surga.

Bagi Suku Moni sendiri, mereka menyebutnya Juambiga Paneambiga yang artinya laki - laki dan perempuan sedang menunggu di atas gunung.

Tangga Surga pun menjadi objek wisata tersembunyi yang belum diketahui orang. Jalur pendakian, bisa dari tiga desa yakni Ugimba di Kabupaten Intan Jaya, Arwonok dan Dumadama. Dari Ugimba, waktu tempuh dengan jalan kaki sekitar 4 hari.

Tangga Surga menjadi salah satu keunikan puncak - puncak di Papua, setelah Carstensz dan Puncak Jaya. Indonesia memang cantik alamnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Tangga Surga Di Papua Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/