Friday, November 27, 2015

Padang Cikasur, Pernik Cantik Di Argopuro

Padang Cikasur
Indonesia dari ujung ke ujung menyimpan keindahan alam yang tiada habis di kagumi. Pernik cantik alam Indonesia salah satunya ada di Gunung Argopuro dengan tatanan padang savana Cikasurnya. Gunung Argopuro dengan ketinggian 3.088 Mdpl terletak di Kalianan Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Ada dua jalur pendakian resmi yaitu Jalur Desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang, Situbondo dan Jalur Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Probolinggo.

Apabila pendakian dimulai dari Desa Baderan, tak jauh dari kantor Kementrian Kehutanan di Baderan terdapat sebuah gapura yang bertuliskan “Kawasan Wisata Gunung Argopuro”. Gapura tersebut memberitahu setiap pendaki yang melewatinya bahwa pendakian akan segera dimulai.

Selepas melewati gapura tersebut, jalur pendakian didominasi oleh batuan koral yang melintasi perumahan serta perkebunan warga sekitar. Sering kali kita berpapasan dengan warga yang sedang mengendarai motornya dan membawa hasil kebun untuk dibawa ke desa dan dijual.

Setelah melewati alun - alun besar, terdapat Padang Cikasur. Di sinilah salah satu kekayaan alam Gunung Argopuro yang berupa padang savana yang  luas. Di Padang Cikasur terdapat aliran sungai dengan air yang sangat jernih. Sungai tersebut dikenal dengan Lembah Cikasur.

Padang Cikasur juga memiliki cerita tersendiri ketika Indonesia masih berada dalam zaman penjajahan. Konon, tentara Jepang ingin mendirikan sebuah lapangan terbang di sana. Hal tersebut didukung dengan bukti di Cikasur terdapat sisa - sisa pondasi bangunan yang sudah terbengkalai, menandakan proses pembangunan lapangan terbang itu yang belum rampung sepenuhnya.

Padang Cikasur merupakan tempat yang sungguh mengesankan. Selain sumber air yang melimpah, pemandangan yang sangat indah, serta suara - suara khas burung Merak yang juga merupakan satwa di gunung ini.

Setelah puas dengan pernik cantik  padang Cikasur, bisa langsung naik ke Puncak Rengganis. Puncak Rengganis dapat ditempuh dengan hanya 15 menit dari padang rumput. Puncak Argopuro didominasi oleh medan berbatu tetapi banyak pepohonan tinggi, sementara puncak Rengganis didominasi oleh batu koral dengan medan sangat terbuka tanpa pohon.

Di beberapa titik batu tersebut terdapat asap - asap karena memang puncak Rengganis adalah puncak gunung api yang masih aktif. Sampai di puncak Rengganis terdapat sisa sisa bangunan menyerupai pura yang sudah terbengkalai.

Di puncak Rengganis sendiri terdapat beberapa barang - barang yang dijadikan sesajen oleh para pendaki karena mitos di gunung tersebut yang masih amat kuat. Di sisi lain puncak Rengganis terdapat 2 buah batu - batu yang disusun menyerupai makam. Hal ini membuat mitos di Argopuro semakin kuat dan mistis.

Danau Taman Hidup ini merupakan salah satu kekayaan Gunung Argopuro juga. Akan tetapi, Taman Hidup hanya dapat ditempuh melalui jalur Desa Bremi. Jika dibandingkan, ini sama saja dengan Padang Cikasur yang hanya dapat ditempuh melalui jalur Baderan.

Taman hidup merupakan danau yang sangat luas, kurang lebih seluas 1 km2. Di Taman Hidup terdapat ikan - ikan nila berukuran cukup besar yang enak untuk dimasak. Cantiknya Argopuro! 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Padang Cikasur, Pernik Cantik Di Argopuro Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/