Sunday, March 6, 2016

Rajuni Ki’di Selayar Menuju Pulau Mandiri Energi

Rajuni Ki’di Jadi Pulau Mandiri Energi
PLH Silajara - Sebagai sala satu pulau kecil dari gugusan kepulauan Selayar Pulau Rajuni Kidi yang terletak di kecamatan Takabonerate, selama ini belum tersentuh oleh jaringan energi listrik.

Pada umumnya pulau-pulau kecil yang terpisah dari pulau utama, sulit dijangkau oleh jaringan nasional (national grid) atau energi modern. Hal inilah yang menyebabkan pemenuhan energil istrik di pulau-pulau kecil menjadi kendala.

Penyediaan sumber energi listrik dengan sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) menjadi alternatif solusi kebijakan penyediaan energi nasional yang paling memungkinkan dan sesuai dengan visi pembangunan Indonesia ke depan.

Melalui PPKT mandiri yang terdiri atas 8 komponen yaitua ksesibilitas/konektivitas, posjaga, telekomunikasi, listrik, pendidikan, kesehatan, air minum/bersih, danusahaproduktif. DirektoratPendayagunaanPulau-pulau Kecil, Kementrian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM menginisasi sebuah program pulau-pulau kecil berpenduduk yang mandiri.

Melalui program inilah Rajuni Ki’di mendapat kesempatan menikmati energi listrik dari tenaga surya. Pulau Rajuni Ki’di’ tercatat sebagai penerima bantuan PLTS terpusat sebesar 75 KWP (kilowatt peak) melalui anggaran APBN tahun 2015. Dengan kuota sebesar ini, maka semua rumah dan fasilitas umum yang berada di Pulau Rajuni Ki’di’ dapat memperoleh aliran listrik.

Sementara saat ini, tercatat jumlah penduduk di Rajuni Ki’di’ terdiri dari 167 Kepala Keluarga di Dusun Utara dan 179 Kepala Keluarga di Dusun Selatan, dengan jumlah penduduk sebanyak 1604 Jiwa dimana 788 jiwa adalah laki-laki dan 816 perempuan (Pendataan Keluarga BKKBN, 2015).

PLTS terpusat merupakan pembangkit listrik yang bekerja dengan memanfaatkan sinar matahari dan terdiri dari komponen; modul surya, inverter (solar inverter dan battery inverter), baterai, remote monitoring system, solar irradiation, kabel daya dan pentanahan, panel distribusi, penyangga PV array, rumah pembangkit, jaringan distribusi, istalasi rumah pelanggan (MCB, energy limiter), penangkal petir dan monitoring system lightning.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rajuni Ki’di Selayar Menuju Pulau Mandiri Energi Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/