Thursday, July 14, 2016

Jelajahi Pantai Katembe Madongka Buton

Lokasi : Pantai Katembe Madongka Buton, insert foto on fb Nining Yulisrawati
Wisata Bahari - Tidak ada salahnya jika kita menyisihkan waktu libur ke salah satu destinasi pantai yang ada di kabupaten Buton tengah. Masyarakat di sini menganalnya dengan nama Pantai Katembe. 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwasannya muasal di namakan Pantai Katembe berhubung di pinggir pantai tersebut terdapat sumur yang airnya berasa tawar. Katembe dalam bahasa daerah di sini diartikan “tawar” sehingga sampai saat ini masyarakat di sini menyebutnya pantai Katembe.

Lokasi : Pantai Katembe Madongka Buton, insert foto on fb Nining Yulisrawati
Pasir putih sejauh ±1,5 km menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Selain itu,  jejeran pohon kelapa yang melambai-lambai menambah keindahan pantai ini. Setiap libur akhir pekan tempat ini cukup ramai didatangi wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun luar negeri. Untuk bisa masuk  kawasan pantai ini cukup membayar Rp. 5000 (kadang-kadang di hari hari lain tidak ada penjaganya).

Secara administratif, pantai katembe terletak di desa Madongka kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara. Lebih kurang 10 km dari ibu kota Kabupaten Buton Tengah dan sekitar 30 km dari Pelabuhan Wamengkoli (Lokasi Penyeberangan Bau-Bau dan Buton Tengah). 

Lokasi : Pantai Katembe Madongka Buton, insert foto on fb Nining Yulisrawati
Untuk sarana permaianan pantai di tempat ini belum ada (seperti banana boat, balon udara, dll). Begitu pula fasilitas rumah makan belum ada juga di sini, ada baiknya perbekalan mesti disiapkan sebelum datang ke sini. Bagi saya sendiri rekomendasi makanan yang cocok yakni jagung bakar atau ikar bakar sembari menikmati keindahan pantai. Tapi itu dikembalikan ke  masing-masing orang.

Terakhir, mungkin sebagai masukan kepada Pemda bahwa daerah ini mesti ada perhatian yang lebih terkhusus Dinas Pariwisata untuk pengembangan Wisata pantai ini.

Walaupun demikian, pantai katembe merupakan destinasi yang layak untuk kunjungi ketika berkunjung ke Buton Tengah.  Semoga bermanfaat. narasi dari gandukaleng.blogspot.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Pantai Katembe Madongka Buton Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/