Latest News
Sunday, August 14, 2016

Jelajahi Pulau Pasumpahan Pulau Nan Indah Dekat Kota Padang

Lokasi Pulau Pasumpahan Padang
Wisata Bahari - Sebuah pulau tidak berpenghuni dengan luas yang tidak seberapa siap menyuguhkan bingkisan pulau tropis nan indah di Sumatera Barat. Pulau Pasumpahan adalah tujuannya, temukan lokasinya di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Kota Padang di pantai barat Pulau Sumatera menyuguhkan garis pantai sepanjang 84 kilometer dengan 19 pulau indah untuk disambangi di sekitarannya

Pulau Pasumpahan adalah pulau cantik yang mudah diakses dari Kota Padang. Pulau ini dipercaya warga sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang disumpah (dikutuk) ibunya menjadi batu. Penduduk meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk menjadi batu di pulau ini karena terkait nama ‘pasumpahan’.

Pulau Pasumpahan yang seluas 5 hektar memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya, permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut.

Sekitaran perairan pulau ini diperkaya beragamnya habitat laut termasuk diantaranya red lionfish (Pterois volitans), penyu, teripang, serta sotong 

Pulau Pasumpahan cukup terpencil, selain harus membawa peralatan tenda dan perbekalan, perhatikan pula bawaan makanan dan air minum secukupnya. Jangan lupa membawa obat-obatan, lotion anti nyamuk serta krim tabir surya.

Beberapa bagian dermaga di sini kurang terawat dan tidaklah begitu kokoh namun menjadi tempat berkumpulnya ikan. Apabila Anda ingin menyusurinya perlu berhati-hati.

Apabila Anda melakukan penyelaman di sekitar pulau ini maka terumbu karang yang bagus untuk dinikmati ada di kedalaman 10 meter. Di kawasan ini terkadang ada kegiatan rehabilitasi terumbu karang dan membuat transplantasi karang pada struktur besi yang diletakkan di dasar laut.

Lokasi Pulau Pasumpahan Padang
Selain pulau tropis dengan hamparan pasir putih, pulau ini memiliki daya tarik utama berupa ekosistem bawah laut yang indah. Terumbu karangnya mencukupi untuk dinikmati dengan menyelam atau snorkeling. Ada berbagai jenis ikan karang dan utamanya adalah sekira 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis.

Dermaga di pulau ini memiliki tiang dari batang kayu kelapa. Landasannya terbuat dari balok kusam. Meski tidaklah sebegitu kokoh karena termakan usia, di sekitarannya berkumpul ikan-ikan kecil. Tidak jauh dari dermaga, terdapat hamparan kecil hutan mangrove.

Anda bisa berenang mengelilingi Pulau Pasumpahan di beberapa bagian.  Apabila Anda berhasrat mengelilingi pulau ini dengan berenang maka memungkinkan karena arusnya cukup tenang. Perlu waktu selama 2 jam untuk mengelilingi pulau ini dari sisi timur menuju utaranya.

Apabila Anda ingin berkeliling untuk menemukan titik menylam maka bisa menyambangi Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan. (Sepia sp).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Pulau Pasumpahan Pulau Nan Indah Dekat Kota Padang Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara