Monday, April 1, 2013

Keindahan Alam Sumatera Utara


Sumatra utara memiliki begitu banyak tempat yang sangat indah yang sayang kalau tidak di kunjungi, makanya saya mau kasih sedikit info tentang keindahan alam Sumatra utara (walaupun motivasi awalnya karna saya mau promosiin daerah asal saya itu, hihihi ).
mungkin tempat2 wisata yang akan saya posting kali ini hanya sebagian kecil dari tempat2 wisata yang ada di Sumatra utara, dan mungkin juga udah familiar di telinga kita, namun ga ada salah nya kan saya ulas kembali, siapa tau ada yang tambah tertarik berkunjung
saya akan kasih info daerah2 tempat wisata mulai dari kecamatan Sibolangit sampai kabupaten Dairi.
Daripada banyak basa basi lagi  mending kita langsung liat aja ni satu per satu, cekidot..

1.       Sungai Sembahe

Sungai Sembahe Sibolangit adalah wisata tempat pemandian yang sering dikunjugi oleh para wisata lokal. Air sungai Sibolangit ini mengalir diantara bebatuan besar yang ada di sungai. Selain air sungainya yang dingin, suasana di sungai sembahe ini juga sangat nyaman dan udaranya begitu sejuk dan dingin ditempat tersebut pengunjung juga bisa menikmati makanan hangat yang dijual di tempat itu. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, cukup membayar Rp.8000 saja, tempat nya juga mudah ditemui dan banyak transportasi umum dari medan yang melewati tempat tersebut.

2.       Greenhill City

Green Hill City dan Hill Park dibangun di atas lahan seluas 110 hektar, di dalamnya terdapat Hill Park yang khusus untuk sarana hiburan keluarga seluas 20 hektar. Lokasi tepatnya di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang persis di tepi jalan lintas Medan-Berastagi, Tanah Karo. Semua fasilitas mulai dari theme park menyediakan herritage, toon town dan lost city. Herritage terdiri dari camelot castle, merry go round, bumper car, bumper boat dan amphi theater. Toon town terdiri dari convoy car, magic phone, red baron, tic-tac wheel, mini train, family swinger, three house, petting zoo, battery bike dan mini scooter. Sedangkan lost city menyediakan tele combat, jet coaster dan ferris wheel. Dan permainan paling mendebarkan roller coaster dan flume ride juga tersedia.

3. Air terjun 2 Warna

Air terjun 2 warna terletak di Desa Durin Sirugun, kaki Gunung Sibayak, Sumatera Utara. Dapat ditempuh melalui perjalanan darat, melintasi Bumi Perkemahan Sibolangit. Jarak tempuh dari Medan – Sibolangit sekitar 75km, dan dari Pintu Utama Bumi Perkemahan Sibolangit membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk tiba di Air Terjun Dua Warna. Ketika memasuki Bumi Perkemahan Sibolangit di Desa Bandar Baru, anda bisa menyusuri hutan dengan hiking atau jalan kaki santai selama 3 jam, dan untuk menghindari tersesat, ada baiknya Anda harus dibantu oleh pemandu lokal. Mendaftarlah di pos penjagaan dan melapor akan menuju Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna berketinggian 100 meter, bersumber dari Gunung Sibayak, dan air yang turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil. Warna air terjun ini yaitu biru muda dan putih keabu-abuan, karena kandungan phospor dan belerang yang akan menghasilkan warha biru muda. ersiapan yang harus dibawa selama menuju Air Terjun Dua Warna juga harus Anda pikirkan  Sepatu untuk hiking, air minum dan baju ganti jika Anda ingin mandi selama di Air Terjun Dua Warna.
tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling ingin saya kunjungi, kalau suatu saat ada libur  saya pasti akan menjarah tempat ini.

4. Gundaling

Bukit Gundaling adalah salah satu obyek wisata di Brastagi, yang berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Brastagi. Bukit yang memiliki ketinggian 1575 dari permukaan laut, ini sangat nyaman sebagai tempat rekreasi keluarga. Dari atas bukit ini pula kita dapat menikmati panorama gunung berapi Sibayak dan Sinabung
Bukit ini ditumbuhi oleh pohon kayu dan bunga-bungaan yang sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda yang merupakan tempat rekreasi bagi remaja, keluarga, para Wisatawan Mancanegara dan Nusantara.

5. Taman simalem (pearl of lake toba)

Taman simalem terletak di kawasan Bukit Merek-Sidikalang (disinilah kampung ku, tapi aku belum pernah kesan, cuman nompang lewat doang ) jadi pengen pulang kampung  Objek wisata ini menghadirkan pemandangan Danau Toba dari sudut pandang yang sangat luas. Luas areal kawasan wisata ini mencapai 206 ha dgn lebih dr 25 ha telah ditanami berbagai jenis tanaman. Taman simalem dilengkapi berbagai fasilitas modern dan pilihan rekreasi antara lain wisata alam, agrowisata, lounge-cafe, dan resort/villa yang masih dalam rencana pembangunan. Objek wisata ini akan berprospek tinggi karna didukung fasilitas yang sangat modern dengan objek alam yg spektakuler berikut adalah fasilitas yang sudah tersedia dan bisa dinikmati

Pangambatan Valley {pusat pembibitan bunga dan gazebo tepi sungai untuk berpiknik}
Biwa,Marquisa & Orange Farm {Kebun buah2 an yang ditanam secara alami}
Kodon-kodon Cafe {Gazebo dengan pemandangan Danau Toba yg indah}
Toba Cafe {layanan cepat saji dengan pemandangan lapangan golf}
Karo Agrotourism Farm {pusat penelitian & pengembangan sayuran, buah dan bunga}
Tongging Cafe {sajian makanan ringan}
Management Office {kantor pengelola dan pusat informasi}
Jungle Track & Camping Ground {hutan belantara, air terjun kembar, tempat perkemahan}
Helipad{area parkir helikopter} Selamat mencoba

6. Taman Wisata Iman Sidikalang-Dairi

Taman Wisata Iman adalah sebuah wilayah yang didirikan bukan sekadar tempat berwisata, tapi sesuai judulnya, di dalamnya kita menemukan jejak sejarah agama yang diakui di negeri ini. Intinya, bhineka tunggal ika dalam hal beragama terangkum di sana. Lokasinya yang berada di atas tanjakan dikelilingi hutan pinus dan menjadi maskot ibukota Kabupaten Dairi, Sidikalang. Banyak kalangan mengatakan, betapa lokasi TWI Dairi ini sangat spektakuler. Pesan-pesan khusus dari lokasi ini mengisyaratkan, betapa indahnya hidup berdampingan, keragaman agama pada bangsa Indonesia, menjadi kekuatan jika bersatu-padu. Intinya, dengan saling menghormati dan menghargai antar sesamanya merupakan modal dasar terbinanya persatuan dan kesatuan yang kuat dan kukuh.

7. Samosir-Danau Toba

Danau Toba yang mempesona dengan panorama pegunungan mengelilingi dan udara yang sejuk menambah kenikmatan untuk berwisata ke Danau ini. Ditengah Danau Toba terletak Pulau Samosir yang indah dan selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk menuju ke Danau Toba dari medan sekitar 4 jam tiba di Parapat, anda bisa mengikuti tur dengan pilihan paket-paket yang disediakan oleh Biro Perjalanan atau dapat juga mengendarai bus , sewa mobil dari Kota Medan. Di sore hari, pengunjung danau Toba ini bisa menikmati suasana yang hening sambil menikmati pemandangan matahari yang terbenam (pengalaman pribadi )
Akomodasi berupa Hotel , penginapan banyak tersedia di Parapat, juga tempat bersantap seperti, Restoran, cafe, dengan memberikan suguhan musik dengan lagu-lagu Batak maupun pop Indonesia dan Barat yang memukau pengunjung. Bagi anda yang senang berbelanja, terdapat juga tempat untuk membeli souvenir seperti baju, tas, topi, dan ulos batak dengan berbagai motif yang bagus2.. dan satu lagi, berenang di danau ini tak kalah seru nya,, pokoknya muaaantab deh
Jadi tunggu apa lagi,, ayo mampir ke Sumatra Utara, dan nikmati keindahan alam nya,, karna masih banyak tempat2 yang bagus2 selain yang udah disebutin di atas.. (ko jadi promosi ya?? haha  tapi ga papa deh.. biar pada tau semua..)
trim's to plh Indonesia atas termuatnya artikel ne
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Keindahan Alam Sumatera Utara Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad