Monday, April 22, 2013

SMAN 1 Kundur Peringati Hari Bumi


Banyak persoalan seputar lingkungan hidup yang masih belum maksimal solusinya. Salah satunya, eksploitasi besar-besaran hingga alih fungsi lahan yang tidak terkontrol. Demikian dikatakan Ketua Pecinta Alam Kundur, Tuah Wahyu Fitrah.
Atas hal itu, maka dibuatlah suatu kegiatan sempena memperingati hari bumi, dengan melibatkan 150 peserta dari SMAN 1 Kundur bersama para alumninya dengan cara menggelar konvoi sepda dan gotong royong bersih-bersih wajah kota di Kecamatan Kundur.
Aksi tersebut dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB atau setelah siswa belajar disekolah dengan mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. Mereka bergerak dari SMAN 1 Kundur menuju Balai Pemuda Seni dan Budaya Kecamatan Kundur dan tidak ada bunyi mesin kendaraan waktu itu, karena semua peserta menggoes sepedanya.
Aksi yang mereka lakukan tidak hanya berkonvoi, melainkan menggelar orasi di jalan serta menyebarkan brosur tentang "Selamatkan Bumi".
Dikatakan Tuah, peringatan hari bumi tersebut sebagai bentuk bagian kecintaan dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup Indonesia. Selain itu juga sebagai salah satu wujud kepedulian tentang potensi kekayaan alam Indonesia yang seharusnya dijaga kelestariannya untuk kekayaan nasional.
"Kebanyakan orang hanya memikirkan kepentingan manusia pribadi tanpa berfikir keseimbangan alam. Sehingga dalam rangkaian kegiatan ini kami menilai sangat penting untuk dilakukan, sebagai bentuk peringatan hari bumi yang jatuh tepat hari ini," ungkap Tuah, yang juga Alumi SMA Negeri 1 Kundur, Senin (22/4).
Aksi gotong royong bersih sampah juga mereka lakukan di kawasan Pol Air Polda Riau di KM 2 Kundur, kemudian berlanjut Simpang Urung (Tugu Durian) telanjutnya di  Pasar Tengah Tanjungbatu Kota dan sekitar pelabuhan Tanjungbatu.
Dalam kesempatan itu Tuah juga menghimbau kepada masyarakat agar membudayakan hidup dengan menanam pohon. Karen  itu sebagai elemen utama ruang terbuka hijau yang memberikan kontribusi sangat banyak. Semakin banyak pohon yang tumbuh dan tersebar, maka bumi akan tetap menjadi tempat tinggal yang sempurna bagi makhluk hidup.
"Membiasakan gaya hidup ramah lingkungan idealnya ditanamkan sejak dini. Itulah sebabnya kami melakukan kegiatan ini dengan bersepeda, selain membentuk gaya hidup sehat, sepeda juga ramah lingkungan," ujarnya mengakhiri.(gan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SMAN 1 Kundur Peringati Hari Bumi Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad