Monday, June 17, 2013

Berwisata Ria ke Pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo MAKASSAR

Berlibur ke Makassar tidak hanya melulu ke objek wisata sejarah tetapi juga wisata alam seperti pulau. Ya, kali ini kita akan berlibur ke pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo. Kedua pulau ini berada di gugusan kepulauan Spermonde di bagian barat Sulawesi Selatan.
Kepulauan Spermonde membentang dari kabupaten Pangkajene di utara hingga kabupaten Selayar di selatan. Di kepulauan ini setidaknya ada 120 gugusan pulau, 12 diantaranya termasuk dalam wilayah administratif kota Makassar seperti pulau Samalona, Kodingareng Keke, Barrang Caddi dan Barrang Lompo.
Soal keindahan, kedua pulau ini yaitu Barrang Caddi dan Barrang Lompo sudah tak diragukan lagi. Di tempat ini kita bisa memancing, menyelam dan melakukan wisata budaya. Berbagai jenis ikan seperti tengiri bisa dengan mudah didapatkan dari perairannya. Bahkan disekitar pulau Barrang Lompo masih ada beberapa titik yang menyajikan keindahan terumbu karang.
Selain bisa bermain sepuasnya di pantai kita juga bisa bersantai sejenak di pulau yang sudah dipadati penduduk. Sambil merasakan semilir angin dan udara pantai kita bisa bersantai sejenak dari kepenatan dan rutinitas selama ini.
Berwisata bahari di pulau Barrang Lompo Anda wajib menyempatkan diri untuk berbelanja kerajinan perak. Lokasi kerajinan ini sangat strategis yakni berhadapan dengan dermaga sehingga begitu turun Anda bisa bisa melihat berbagai macam koleksi kerajinan perak yang disimpan dalam lemari kaca. Oleh-oleh sovenir yang bisa Anda bawa pulang diantaranya miniatur perahu pinisi, mobil, kuda, gelang, gantungan kunci, kaligrafi pada kulit kerang yang unik. Semua barang-barang ini dijual dari harga Rp. 10 ribu hingga Rp. 1 juta.
Selain itu, kita pun bisa berinteraksi dengan warga sekitar dan melihat dari dekat bagaimana keahlian mereka dalam membuat perahu tradisional. Jika beruntung kita juga bakal melihat upacara adat pa’rappo yaitu upacara adat saat menurukan perahu yang telah selesai dibuat sebelum dipakai melaut.
Perjalanan dari pulau Barrang caddi ke Barrang Lompo hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan perahu. Setiap hari ada pelayaran reguler yang menghubungkan kedua pulau ini dengan kota Makassar. Para wisatawan akan diangkut dengan menggunakan kapal penumpang berkapasitas 30 orang. Ongkos pulang perginya hanya berkisar Rp. 15 ribu per orang (harga per thaun 2012). Sedangkan bagi yang ingin menikmati kedua pulau ini lebih lama Anda bisa menginap di rumah-rumah warga.
Selain kedua pulau itu, Anda wajib mengunjungi pulau lainnya seperti pulau KayanganLae-lae danSamalona.
Selama liburan di Makassar Anda bisa singgah di Santika Hotel Makassar,Amaris Hotel Panakkukang dan JL Star Hotel.
Peta lokasi Kepulauan Spermonde  View Larger Map
Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta
Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.
so buat teman2 plh Indonesia, khususnya silajara, silahkan berkunjung ya, gue tunggu 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berwisata Ria ke Pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo MAKASSAR Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad