Thursday, May 23, 2013

Siapapun Bisa Ke Sini, Puncak Gunung Kerinci

1296060284676210230
Puncak Gunung Kerinci 3810Mdpl

Banyak orang mengatakan “untuk apa sih capek-capek naik gunung, kemudian turun lagi?”. Obrolan lumrah bagi sebagian orang yang mengira hanya buang buang tenaga, waktu, bahkan uang hanya untuk mendaki gunung. Apalagi kalau ada teman-teman dari pecinta alam, atau orang biasa yang ingin coba-coba mendaki gunung dengan alasan “pengen tau aja gimana rasanya naik gunung”, kemudian hilang dan di temukan tidak bernyawa diekspos media yang belum pasti beritanya. Dipastikan heboh! Dan sebagian orang tua langsung mewanti-wanti anak-anaknya agar tidak mendaki gunung, dengan alasan takut anak nya mati. Pandangan yang salah kaprah menurut ku dan teman teman ku. hehehe.. kenapa?  Karena mati bisa dimana saja. Lebih banyak orang kehilangan nyawa di jalan raya dari pada di gunung. (coba fikir aja sendiri… berapa perbandingan nya, kalau perlu pake kalkulator dan mendatangi kantor polisi tuk menanyakan kejadian lakalantas..)
Mungkin sudah banyak teman-teman dari kompasiana yang membaca buku atau artikel tentang pendakian gunung atau bahkan sudah mendaki gunung beneran,  di televisi nasional juga sudah sering memberitakan tentang penggiat alam yang melakukan pendakian di  puncak tertinggi dunia. Tapi, apakah teman-teman pernah berfikir, untuk apa sih sebenarnya? (hehe.. kita tanya galileo..).
Seperti lagu ciptaan eros sheila on7 (bukan maksud berpromosi nih), “berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya..”, mungkin ada benarnya lirik tersebut. Karena dari alam, kita akan banyak belajar (belajar memahami diri sendiri, kelompok dan lingkungan) bukan seperti pelajaran di bangku sekolah yang selama ini kita dapatkan. Pembelajaran paling utama dari alam adalah tentang bertahan hidup. Bahasa keren nya Survive. Kita yang biasanya di rumah makan tinggal makan, ataupun klo gak ada makanan tinggal beli di warung nasi, atau, yang lagi pengen masak, masak di dapur, ada panci, ada nasi di rice cooker, ada kuali, ada minyak goreng, ada kompor gas yang tinggal dihidupkan, ada piring kaca, sendok, air yang banyak dan fasilitas lain yang mempermudah kita tuk sekedar makan.
Tidak kalau di gunung, semua nya serba mini. Hal tersebutlah yang membuat otak untuk terus berfikir bagaimana caranya supaya bisa makan (bagi-bagi yang baru mendaki gunung nih.., kalau yang sudah pernah, otomatis otaknya langsung berfikir untuk diteruskan ke indra lainnya agar bisa bekerja sesuai perintah otak).
129606087041652551
Dengan alat-alat masak serba mini ini kami bisa makan,,, sedapnya! karena di atas gunung kerinci gak ada buka warung nasi, beda dengan gunung-gunung wisata lain..
1296059273147082637
Harus mengambil air untuk bisa minum.. kalau dirumah??? tinggal mencet dispenser, atau tinggal menuang dari ceret/teko. hehe..
12960590091167500414
Dengan tas yang ada di punggung itulah kami berjalan menuju ke puncak..
Belum lagi dengan kondisi suhu yang berbeda antara rumah, lingkungan keseharian kita dengan gunung. Semua orang pasti tau kalau di gunung itu dingin. Kalau lagi di rumah, di luar hujan, malam-malam kedinginan, tinggal tarik selimut. Di gunung, gak pagi gak siang gak malem, dingin terus. Lagi-lagi, otak akan segera berfikir bagaimana caranya agar tidak kedinginan, otomatis, badan akan di gerakkan, kemudian membuat api unggun, oh ya, makan/ngemil  juga salah satu cara untuk menghangatkan badan loh, hehehe..
1296061482752997055
Di dalam tenda itu tempat beristirahat melewati malam, tanpa dinding tembok, tanpa spring bed.
Apalagi dengan kondisi cuaca digunung, mungkin, hanya orang-orang yang berpengalaman lah yang bisa membaca nya. Pada saat akan mulai mendaki, cuaca sangat cerah, tiba-tiba di tengah perjalanan hujan datang tiba-tiba tanpa di undang. Di gunung tak ada tempat berteduh kalau lagi jalan, hehe.. Biasanya teman-teman membawa jas hujan sebagai pelindung mereka agar tidak basah kuyub. Berbeda dengan di kota, kita bisa berteduh dimana saja, bisa di restaurant atau di cafe, sambil minum, minuman hangat. Ajiiiibbb..
Para penggiat alam dilatih untuk bisa survive dengan segala tantangan dan resiko yang terjadi di alam. Bukan bermaksud mencari resiko, menyusahkan diri sendiri atau menaklukkan alam. Harapan dari itu semua mungkin hanya belajar untuk berani hidup dimanapun diri sendiri berada. Karena sudah terlalu banyak manusia untuk berani mati kawan..
Ada berbagai macam keinginan dari teman-teman untuk pendakian gunung, ada yang bilang pengen liat pemandangan dari atas puncak, pengen menaklukkan gunung nya (emang benda hidup bisa ditaklukkan?), pengen pamer, “aku udah naik gunung bla bla bla..” (biar d bilang keren dan hebat?), ikut-ikutan temen atau pacar? (pacar? mungkin juga, pengen tau apa aja yang di lakuin pacar nya kalau naik gunung, trus nyusahin pas dilapangan.. hehe.. ada gak sih? kayaknya ada..), ada juga yang pengen nongkrong aja, ngabisin waktu weekend di gunung karna bosan kalau nongkrong di kota (masuk akal), karena kota terlalu ramai untuk menyendiri (kalau lagi pengen sendiri). Hahaha, ngalor ngidul gak karuan jadinya. Tapi bagi ku dan  teman-teman yang sefaham, “mendaki gunung untuk pulang dengan selamat sampai rumah”.
Filosofi hidup yang sangat penting fikir ku..
Ketika aku memulai pendakian,  aku  tidak tahu apa yang akan terjadi di depan ku. Seperti itulah hidup kita ini, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di depan kita disetiap harinya.
Ketika aku berada di pertengahan jalan, sudah banyak kawan yang mengeluh, mengajak untuk berhenti, atau diri sendiri yang sudah letih, dan ternyata perjalanan masih lah jauh untuk ke puncak. Seperti itulah terkadang sifat manusia, mudah menyerah.
Ketika aku berada di puncak, tak banyak teman yang bisa sampai ke puncak, ada yg menyerah untuk berhenti di tengah jalan. Tak sanggup untuk meneruskan perjalanan, atau takut untuk menghadapi rintangan selanjutnya.  Itulah kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan kita berada, banyak yang menyerah di tengah jalan, seluruh hidupnya di isi dengan keluhan, meratapi diri, menyalahkan diri sendiri, orang tua, bahkan Tuhan. Padahal yang bisa membawanya ke puncak, hanyalah dirinya sendiri.
Begitu banyak rintangan untuk mencapai ke puncak, jalan/jalur yang semakin sempit, bebatuan terjal, jurang yang selalu menganga, seolah siap menerima ketika tubuh jatuh terhempas, angin yang kencang bahkan hujan badai.
12960602901878355151
Jalur sempit, licin dan berlumut yang harus di lewati tuk menuju ke puncak..
1296059862786149794
Bebatuan tajam dengan jalur yang terjal untuk menuju ke puncak..
Jadi, siapapun bisa berada di puncak, teman! Ntah itu laki-laki, perempuan, tua, muda, miskin, kaya, normal ataupun tidak normal (cacat), mari kita sama-sama berjuang untuk hidup kita sendiri. Dan jangan lupa untuk selalu mengingat-Nya, dimanapun kita berada..
1296059636120910230
Kami perempuan juga bisa sampai ke puncak!
Semoga, dengan segala rintangan HIDUP yang ada, jiwa dan raga bisa melewati nya, kembali ke pangkuan sang pencipta dengan segala kesiapan seolah kita akan mati sekarang..
**foto oleh : Heriyadi Asyari
**plh Silajara Indonesia, Salam Lestari
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Siapapun Bisa Ke Sini, Puncak Gunung Kerinci Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad