Sunday, June 9, 2013

Expo Wakatobi 2013

Sebanyak 50 kabupaten tertinggal di kawasan Timur Indonesia, akan mengikuti empat hari pameran Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal di kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Pameran akan mulai berlangsung sejak 10 Juni 2013.
Kabupaten yang siap mengikuti pameran berada di Papua, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Bupati Wakatobi Hugua menilai kegiatan pameran KPDT di Wakatobi tersebut merupakan strategi jitu Kementerian PDT dalam mendorong kawasan tertinggal menuju wilayah yang siap tinggal landas menjadi daerah berkembang.
"Saya anggap kegiatan ini sangat cerdas, karena melalui kegiatan pameran ini, KPDT bisa menemukan titik simpul dalam membangun jalur-jalur pembangunan yang strategis untuk kawasan tertinggal baik transportasi laut dan udara," kata dia.
Menurut Hugua, ada sejumlah kendala dalam mengembangkan pembangunan kawasan tertinggal. Ia mencontohkan jalur perdagangan tradisional di kawasan timur Indonesia yang merupakan jalur sirkulasi petrtukaran barang dan jasa tidak bisa berkembang. Kebijakan pemerintah kurang mendukung jalur yang sudah ada sejak jaman Portugis.
Dia berharap pertumbuhan ekonomi daerah tertinggal di kawasan Timur Indonesia bisa bergerak cepat hingga mendorong dan menciptakan kesejahteraan rakyat. Wakatobi yang terletak di antara kawasan Timur dan kawasan Barat Indonesia, juga bisa merangsang daerah tertinggal bergerak maju.
Menurut dia, pameran KPDT yang bertajuk `Merangkai Pulau-pulau Mengentaskan Kertinggalan di kawasan Timur Indonesia` akan berlangsung selama empat hari. Sebelum mengunjungi Wakatobi, Mentri PDT, Helmi Faisal dijadwalkan road show di sejumlah daerah tertinggal di Sulawesi Tenggara.
Oleh : ROSNIAWANTY FIKRY
Peace to plh Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Expo Wakatobi 2013 Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad