Wednesday, June 19, 2013

Inilah Wisata Alam Kepulauan Selayar


1. Air Terjun Suttia
          Jamuan suasana alam pegunungan dan ramahnya sentuhan air terjun  memberi nuansa tersendiri. Air Terjun Suttia yang memiliki luas lahan 3 Hektar ini terletak di desa Bonea Makmur Kecamatan Bontomanai. Tepatnya 25 kilometer dari ibukota kabupaten. Objek wisata ini dapat dicapai menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, baik itu angkutan umum atau kendaraan pribadi.

2. Sumur Tua Tajuiya


         Sumur Tua Tajuiya merupakan objek Wisata yang terletak di Desa Bungaiya Kecamatan Bontomatene tepatnya 29 km dari ibukota kabupaten. Objek wisata ini dapat di akses menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.
sumur tua tajuiya ini memiliki tinggi 75 m dengan diameter 65 meter. dan dapat di temukan sungai bawah tanah di objek wisata ini.



3. Pemandian Topa
         Objek Wisata ini dapat dijadikan permandian alam bagi wisatawan. selain sebagai tempat permandian alam, terdapat pula gua dimana langit-langitnya meneteskan air terus menerus tanpa henti.
Permandian topa ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi sejauh 5 kilometer dari pusat kota atau 1 kilometer dari gong nekara.


4. Gua Appatanah
   
Gua Alam Appatanah terletak di desa Appatanah dan dapat diakses menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dengan jarak 50 kilometer dari kota Benteng.
Di Dalam Gua yang memiliki lebar mulut 2, 4 meter ini dapat kita lihat stalagmit dan stalagtit yang hampir menyatu.




5. Gua Alam Baloiya
Gua Alam Baloiya terletak di desa Patikarya kecamatan Bontosikuyu. Wisatawan bisa mengakses tempat ini menggunakan kendaraan umum sejauh sembilan kilometer dari kota Benteng.
Gua yang memiliki lebar mulut empat meter ini saling terhubung dengan gua yang lainnya. selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pantai baloiya. 


6.  Gua Alam Batu Baba
Gua Alam Batu Baba merupakan objek wisata yang terletak di desa Lowa kecamatan Bontosikuyu atau 45 kilometer dari kota Benteng. Wisatawan bisa mengakses tempat ini menggunakan Joloro dari Pattumbukang ke Pantai Pinang kemudian Wisatawan harus berjalan kaki sejauh satu kilometer.
Di Dalam Gua yang memiliki lebar mulut tiga meter ini dapat di temukan keranda mayat dan tulang manusia.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Wisata Alam Kepulauan Selayar Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad