Friday, June 28, 2013

Sekilas tentang Gunung Tambora Sumbawa NTB


Gunung Tambora NTB

Siapa yang tidak mengenal Gunung Tambora di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat? Tambora pernah meletus tahun 1815 dan asapnya konon mencapai Eropa hingga Amerika. Letusannya mampu menjadi sejarah dunia. Inilah perjalanan menelusuri Gunung Tambora.

Letusan Gunung Tambora ratusan tahun silam mempengaruhi iklim dunia. Sebagian wilayah di Eropa menjadi musim dingin. Bahkan, pasukan Napoleon pun kalah melawan Prusia akibat kelaparan dan cuaca yang menjadi dingin sehingga logistik mereka habis.

Terlepas dari itu, Gunung Tambora adalah sebuah maha karya Tuhan yang luar biasa indah. Pemandangan sepanjang mata memandang di Gunung Tambora bakal membuat Anda lupa daratan!

Untuk mengunjungi Gunung Tambora, jalur yang biasa dilalui adalah Jalur Pramuka dan Dorapati. Namun, Jalur Pramuka lebih mudah untuk ditempuh juga memiliki sumber mata air yang penting bagi para pendaki.


Kaldera Tambora

Dari Jalur Pramuka sampai menuju Puncak Gunung Tambora terdapat 5 pos. Masing - masing pos dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Biasanya, para pendaki berangkat saat pagi hari pukul 08.00 WITA. Mereka bisa tiba di Pos 5 sekitar pukul 17.00-19.00 WITA.

Setelah itu, biasanya perjalanan menuju puncak dimulai pukul 04.00 WITA dan tiba di puncaknya pukul 06.30 WITA. Di sinilah, Anda bisa memandangi Mentari yang terbit dengan cantik dan kaldera luas dengan diameter mencapai 7 Km.

Kaldera Tambora

Gunung Tambora tidak seterjal gunung berapi lainnya, seperti Gunung Rinjani. Jalur Tambora agak landai, karena setelah meletus Gunung Tambora tinggal separuh dari ketinggiannya yang mencapai sekitar 5.000 Mdpl.

Saat ini, ketinggian Gunung Tambora adalah sekitar 2.800 Mdpl. Meski demikian, Gunung Tambora tetap menakjubkan dan mengundang banyak orang untuk menjelajahinya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sekilas tentang Gunung Tambora Sumbawa NTB Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad