Tuesday, July 23, 2013

Bunga Bangkai dari Indonesia Mekar di AS


 
Kebun Raya Amerika Serikat di Washington DC, Senin (22/7) kemarin penuh dengan pengunjung yang ingin menyaksikan mekarnya bunga bangkai atau titan arum. Setelah menanti selama sepekan, bunga bernama latin amorphophallus titanum dari Indonesia ini akhirnya mekar sempurna pada Senin waktu setempat. 

Warga berbondong-bondong datang karena ingin mencium aroma yang mereka gambarkan sebagai daging busuk, bau popok, atau sayuran terfermentasi.

Malangnya, banyak warga yang gagal mencium bau busuk bunga setinggi 2,4 meter ini. Lantaran titan arum tersebut hanya mengeluarkan bau menyengat kurang dari setengah hari pascamekar. 

"Saya menyesal terlewat aromanya," kata George Mika dari Lyndon, Virginia, yang sengaja berkendara sejauh 113 kilometer hanya untuk mengendus bau busuk bunga ini.

Menantikan bunga ini untuk mekar sudah menjadi momen menegangkan sendiri bagi warga setempat. Sebabnya, belum ada ilmu yang bisa memastikan dengan tepat kapan ia mekar. Pihak Kebun Raya menjaga semua momen agar tidak "kecolongan" dengan memasang kamera pengawas.

Live streaming juga disiarkan secara online agar masyarakat ikut mengawasi mekarnya bunga ini. 

"Saya tidak akan datang hanya karena bau busuknya. Saya rasa orang yang paham betapa mengagumkan dan uniknya tanaman ini, akan menghargainya," kata warga lainnya, Darlene Pierro dari Rockville, Maryland. (*)

sumber: National Geographic
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bunga Bangkai dari Indonesia Mekar di AS Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad