Monday, July 1, 2013

Kejurnas Panjat Tebing di NTB

Climbing_Tiga atlet yunior Kepri berhasil melaju ke babak final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) VIII Panjat Tebing kelompok umur 6-19 tahun 2013 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Raja Jaafar, Riski Adinda, dan Frischa Annisa berhak berlaga di babak final usai menempati urutan pertama dalam babak penysiihan yang berlangsung di Climbing Centre Gelanggang Pemuda Mataram, Minggu (30/6).
"Tiga atlet yunior kami berhasil menjadi yang pertama dalam babak penyisihan dan melaju ke final yang akan dilangsungkan Senin (hari ini,red)," ucap Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indenesia (FPTI) Kepri,  Iwan Krisnawan kepada Haluan Kepri saat dihubungi lewat ponsel, kemarin malam.
Iwan mengatakan, dalam event tingkat nasional yang diikuti 245 atlet dari 20 provinsi itu, FPTI Kepri mengirimkan 11 atlet terbaiknya. Namun, setelah melewati babak penyisihan yang ketat, tiga atlet Kepri berhasil melaju ke babak final. Pada Kejurnas yang berlangsung dari 28 Juni hingga 4 Juli 2013 tersebut, dua atlet Kepri, Raja Jaafar dan Riski Adinda yang turun di kategori spider kid C putra dan putri berhasil menempati urutan pertama dan melaju ke babak final.
Sementara Frischa Annisa yang bertanding di kategori spider kid B putri juga berhak memegang tiket final.
"Kami mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat Kepri, agar para atlet yang bertanding di babak final bisa meraih juara," pinta Iwan. 
Kejurnas Panjat Tebing yang dibuka Ketua Umum FPTI Akil Mochtar ini memperebutkan 30 medali emas, 30 perak, dan 30 perunggu. Atlet panjat tebing yang mengikuti kejurnas tersebut antara lain dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali dan tuan rumah NTB.
Kejuaraan panjat tebing itu dibagi dalam beberapa kelas dan kategori, yakni nomor perseorangan lead (semua kelompok umur), speed word record (Junior, Youth A dan Youth B), speed classic (spider kid A, B, C), serta Boulder (Junior, Youth A dan Youth B).
Kelompok umur dibedakan menjadi enam kelompok, yakni Junior (kelahiran 1995-1994), Youth A (kelahiran 1997-1996), Youth B (Kelahiran 1999-1998), Spider Kid A (Kelahiran 2001-2000), Spider Kid B (Kelahiran 2003-2002), serta Spider Kid C (Kelahiran 2006-2004).
"Kejuaraan ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar oleh Pengurus Pusat FPTI. Tujuannya tentu saja dalam rangka pembinaan, karena para pemanjat junior ini nantinya yang akan menjadi tumpuan bagi Indonesia, di berbagai event Internasional,” tambah Iwan.***Oleh: Didik Yulianto,
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kejurnas Panjat Tebing di NTB Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad