Monday, August 12, 2013

Seberapa Pentingkah Hutan Hujan Itu ?

To PLH Indonesia; From http://www.belantaraindonesia.org/

Pentingnya Hutan Hujan. Hutan hujan merupakan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan hewan di dunia, termasuk diantaranya spesies yang terancam punah. Saat hutan ditebangi, banyak spesies yang harus menghadapi kepunahan. Beberapa spesies di hutan hujan hanya dapat bertahan hidup di habitat asli mereka. Kebun binatang tidak dapat menyelamatkan seluruh hewan.


Menstabilkan Iklim
Hutan hujan membantu menstabilkan iklim dunia dengan cara menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Pembuangan karbon dioksida ke atmosfer dipercaya memberikan pengaruh bagi perubahan iklim melalui pemanasan global. Karenanya hutan hujan mempunyai peran yang penting dalam mengatasi pemanasan global. Hutan hujan juga mempengaruhi kondisi cuaca lokal dengan membuat hujan dan mengatur suhu.

Membantu Menjaga Peredaran Air
Hutan hujan juga membantu menjaga peredaran air.  "peredaran air, juga dikenal dengan peredaran hidrologi, menggambarkan pergerakan berkelanjutan dari air di, di atas, dan di bawah permukaan bumi."

Peran hutan hujan dalam peredaran air ini adalah untuk menambah air ke atmosfer melalui proses transpirasi ( dimana mereka melepas air dari daun - daunnya pada saat fotosintesis ). Uap air ini mempengaruhi formasi awan hujan yang melepaskan air kembali ke hutan hujan. DiAmazon, 50 - 80% dari uap air tetap di dalam ekosistem peredaran air.

Jika hutan hujan ditebangi, uap air yang masuk ke atmosfer akan semakin berkurang, dan hujan yang diturunkan pun turut berkurang, bahkan terkadang hingga menyebabkan kekeringan.

Mengurangi Erosi
Akar - akar dari pepohonan dan vegetasi hutan hujan membantu menahan tanah. Saat pepohonan ditebangi, tak akan ada lagi penahan apapun yang melindungi permukaan tanah dan tanah pun akan cepat terbawa hanyut oleh air hujan. Proses terbawa hanyutnya tanah ini dikenal dengan erosi.

Begitu air ikut terbawa ke sungai, akan menimbulkan masalah bagi ikan dan manusia. Ikan akan menderita karena air menjadi keruh, sedangkan manusia akan memperoleh kesulitan menavigasikan terusan yang menjadi lebih dangkal karena meningkatnya jumlah tanah di air. Sedangkan para petani akan kehilangan lapisan atas tanah yang penting untuk menanam tanaman.

Hutan hujan penting bagi ekosistem global. Hutan hujan:
1. Menyediakan rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan; 
2. Membantu menstabilkan iklim dunia; 
3. Melindungi dari banjir, kekeringan, dan erosi; 
4. Adalah sumber dari obat - obatan dan makanan; 
5. Menyokong kehidupan manusia suku pedalaman; 
6. Adalah tempat menarik untuk dikunjungi 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Seberapa Pentingkah Hutan Hujan Itu ? Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad