PLH Indonesia :
Home » » Penyelamatan Hutan Hujan di Indonesia

Penyelamatan Hutan Hujan di Indonesia

Tuesday, 13 August 2013 | 0 komentar

To PLH Indonesia, From http://www.belantaraindonesia.org

Langkah Menyelamatkan Hutan Hujan. Hutan hujan menghilang dengan sangat cepat. Berita baiknya adalah banyak orang yang ingin menyelamatkan hutan hujan. Berita buruknya adalah menyelamatkan hutan hujan tidak akan mudah. Ini akan membutuhkan usaha banyak orang yang bekerja bersama dalam rangka menjaga hutan hujan dan kehidupan alam liarnya dapat bertahan agar anak - anak kita dapat menghargai dan menikmatinya.


Beberapa langkah untuk menyelamatkan hutan hujan dan, dalam skala yang lebih luas, ekosistem di seluruh dunia adalah fokus pada "TREES":

Teach others about the importance of the environment and how they can help save rainforests. ( Ajarkan orang lain tentang pentingnya lingkungan dan bagaimana mereka bisa membantu menyelamatkan hutan hujan )

Restore damaged ecosystems by planting trees on land where forests have been cut down. ( Memperbaiki ekosistem yang rusak dengan menanam pepohonan di wilayah dimana hutan telah ditebangi.)

Encourage people to live in a way that doesn't hurt the environment ( Anjurkan orang - orang untuk hidup dengan cara yang tidak merusak lingkungan )

Establish parks to protect rainforests and wildlife ( Dirikan taman - taman yang dapat melindungi hutan hujan dan alam liarnya )

Support companies that operate in ways that minimize damage to the environment ( Dukung perusahaan - perusahaan yang bekerja dalam aturan yang meminimalkan kerusakan terhadap lingkungan )

Rehabilitasi Dan Pulihkan Hutan Hujan 
Dalam rangka mencoba melindungi hutan hujan, kita juga butuh untuk melihat bagaimana hutan yang rusak dapat disehatkan kembali. Walaupun tidak mungkin untuk menanam kembali sebuah hutan hujan, beberapa hutan hujan dapat memulihkan diri setelah ditebangi -- terutama jika mereka mendapat bantuan melalui penanaman pohon kembali.

www.belantaraindonesia.org

Di beberapa kasus, bisa juga menggunakan lahan hutan yang telah ditebangi untuk dijadikan lahan pertanian sehingga dapat menyediakan makanan bagi orang - orang di sekitarnya. Saat mereka telah memiliki makanan, mereka tidak butuh untuk menebang lebih banyak hutan untuk menanam tanaman.

Salah satu hasil penelitian yang cukup menjanjikan merujuk pada masyarakat kuno yang hidup di hutan hujan Amazon sebelum kedatangan bangsa Eropa pada abad ke 15. Rupanya mereka mampu memperkaya tanah hutan hujan, yang biasanya cukup tandus, menggunakan arang dan tulang - belulang hewan.

Dengan meningkatkan kualitas tanah, banyak area Amazon yang telah ditebangi dapat digunakan untuk mendukung pertanian. Ini dapat mengurangi tekanan pada wilayah hutan hujan untuk lahan pertanian. Lebih jauh lagi, tanah yang dinamakan tanah "terra preta" dapat digunakan untuk menolong melawan pemanasan global karena juga menyerap karbon dioksida, gas rumah kaca yang penting.

Ajurkan Pada Orang lain Untuk Hidup Dengan Tidak Merusak Lingkungan 
Bagian kunci untuk menyelamatkan hutan hujan dan lingkungan adalah memberikan anjuran pada orang-orang untuk hidup dengan cara yang tidak menyebabkan kerusakan pada lingkungan sekitar mereka. Mengendarai mobil yang hemat bahan bakar, menghemat air, mematikan lampu saat tidak dibutuhkan, dan mendaur ulang adalah cara - cara yang dapat kita dan keluarga kita lakukan untuk mengurangi pengaruh yang kita sebabkan pada kerusakan lingkungan.

www.belantaraindonesia.org

Di negara - negara hutan hujan, banyak ilmuwan dan organisasi yang bekerja untuk menolong penduduk lokal hidup dengan cara yang tak terlalu merusak lingkungan. Beberapa orang menyebut ide ini dengan "sustainable development" ( perkembangan yang berkepanjangan ).

Sustainable development memiliki tujuan untuk meningkatkan kehidupan dari masyarakat yang pada saat bersamaan juga melindungi lingkungan. Tanpa meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di dan di sekitar hutan hujan, akan sangat sulit untuk melindungi taman dan alam liar. Agar taman - taman tersebut bisa berguna, masyarakat lokal harus tertarik pada konservasi.

Membuat Taman Yang Melindungi Hutan Hujan Dan Alam Liar 
Membuat wilayah - wilayah yang dilindungi seperti taman nasional adalah cara yang baik untuk menyelamatkan hutan hujan dan ekosistem lainnya. Wilayah yang terlindingi ini adalah lokasi yang mendapatkan perlindungan karena nilai - nilai lingkungan atau budayanya.

Pada umumnya, wilayah yang dilindungi ini diatur oleh pemerintah dan menggunakan polisi hutan untuk menegakkan aturan di taman dan melindunginya dari aktivitas ilegal seperti berburu dan penebangan pohon.

Saat ini taman - taman melindungi banyak dari spesies yang hampir punah. Hewan seperti panda hanya ditemukan di daerah - daerah yang dilindungi. Taman akan bisa berhasil dengan baik bila mereka didukung oleh penduduk lokal yang tinggal di dan di sekitar wilayah yang dilindungi tersebut.

Jika penduduk lokal mempunyai ketertarikan pada taman, mereka akan membentuk "community watch" ( penjagaan masyarakat ) yang melindungi taman dari penebangan hutan ilegal dan perburuan gelap. Cara efektif untuk melindungi hutan hujan adalah melibatkanpenduduk asli di manajemen taman.

Para penduduk asli ini lebih tahu mengenai hutan dibandingkan dengan siapapun dan memiliki ketertarikan untuk menjaganya dengan aman sebagai ekosistem yang telah memberinya makanan, tempat berlindung, dan air bersih.

www.belantaraindonesia.org

Penelitian telah menemukan bahwa di beberapa kasus, "indigenous reserves" justru sebenarnya melindungi hutan hujan dengan lebih baik dibandingkan dengan "taman nasional" di Amazon. Taman - taman ini juga dapat membantu perekonomian di negara - negara hutan hujan dengan cara menarik minat para turis asing yang membayar biaya masuk, menyewa guide alam lokal, dan membeli kerajinan lokal seperti keranjang, kaos, dan gelang manik - manik.

Dukung Perusahaan Yang Tidak Merusak Lingkungan 
Saat ini banyak perusahaan yang peduli mengenai lingkungan. Perusahaan - perusahaan ini mencari cara untuk mengurangi pengaruh kerusakan mereka terhadap lingkungan sekitarnya dengan cara daur ulang, mengurangi penggunaan tenaga, dan mendukung usaha konservasidi negara - negara lain. Bila konsumen seperti kita dan orang tua kita mendukung perusahaan - perusahaan ini dengan membeli produk dan jasa mereka, maka lingkungan akan menjadi lebih baik.

Ekoturism 
Ekoturism adalah perjalanan yang bertanggungjawab pada lingkungan, untuk menghargai dan menikmati pegalaman di alam dan budaya. Ekoturism harus mempunyai pengaruh yang rendah terhadap kerusakan lingkungan dan membantu keberadaan penduduk lokal. 
Share this article :
 
Support : Modiv Website | Awaluddin, SE | PLH Indonesia
Copyright © 2011. PLH Indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger