Hentikan Penebangan Hutan Kemenyam

BERITA - Dalam pertemuan perwakilan warga Desa Pandumaan Sipituhuta dengan Kementerian Kehutanan dan PT TPL, di Jakarta, Senin (2/9), Dirjen Bina Usaha Kehutanan (BUK) Kemenhut Bambang Hendroyono menegaskan menegaskan kembali, PT Toba Pulp Lestari (TPL) agar menghentikan penebangan di wilayah berkonflik dengan masyarakat adat Pandumaan-Sipituhuta, di Hutan Kemenyan, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara (Sumut).

Jika penebangan terus dilakukan, katanya, Kemenhut tak segan memberikan sanksi tegas. "Ini akan saya kendalikan. Saya mau minta RKT tahun ini, kalo ga patuh, kami bisa cabut." Pemerintah, katanya, bertanggung jawab memperbaiki perusahaan.

Namun Direktur Umum PT TPL, Juanda Panjaitan, telah melakukan pembibitan kemenyan. Sudah ada 37 keluarga ikut kemitraan. Sosialisasipun sudah dilakukan ke desa-desa.

Juanda juga berjanji bahwa perusahaan akan terus mencoba agar kemitraan berjalan baik. Kami “Kami tidak menebang lagi di areal yang ada kemenyan. Yang tidak ada kemenyan, kita beroperasi untuk membangun HTI,” ucap Juanda.

Sebelumnya Empat aktivis lingkungan hidup asal Sumatera Utara menyampaikan keprihatinan mereka atas kerusakan ekosistem yang terjadi di Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut salah seorang aktivis lingkungan Wilmar Simanjorang, sejak beroperasinya PT Indo Rayon (sekarang PT Toba Pulp Lestari) yang membutuhkan kayu untuk bubur kertas, hutan di wilayah Samosir dan Toba Samosir telah berkurang luasnya.

Kondisi ekosistem Danau Toba juga telah mengalami kerusakan dalam taraf yang cukup serius, hal tersebut nampak dari luas tutupan hutan yang terus berkurang dan kualitas air danau yang telah tercemar.

"Kami sudah adukan ke bupati, ke presiden SBY, kementerian LH, kemenhut, gubernur Sumut, Kejakgung, Mabes Polri, Kapolres Samosir. Menteri LH bilang hentikan itu (penebangan hutan) tapi cuma omong doang," ujar Wilmar di Kantor Walhi, Jakarta, Minggu (1/9)
Share this post :

PENGURUS PLH SILAJARA


 
Support : Creating Website | Awal Ahmad | PLH Indonesia
Copyright © 2011. PLH Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by PLH Silajara
Proudly powered by Blogger