Monday, September 30, 2013

Inilah Keistimewaan Gunung Rinjani


Semua orang tahu, bahwa Gunung Rinjani adalah gunung warisan alam yang teramat memesona dan semua orang termasuk para pendaki gunung ingin menikmati segala keindahannya dari atas puncak gunung yang mempunyai 7 keistimewaan menarik mulai dari kakinya hingga puncaknya yang menjulang.

Ada begitu banyak keindahan alam yang ada di Pulau Lombok, keindahan alam bahari yang membentang luas di sepanjang mata liar, dan keindahan alam pegunungan yang memaku Bumi dengan sangat kuat, salah satunya adalah Gunung Rinjani.

Adalah gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 Mdpl. Di bawahnya hidup puluhan desa bersahaja mengeskploitasi keberkahan kaki gunung, mereka memanfaatkan kelestarian alam sekitar pegunungan, mereka bercocok tanam untuk hidup.

Gunung Rinjani sudah menjadi taman nasional yang terletak pada zona transisi utama ( Wallace ) dimana flora dan fauna Asia Tenggara ini merupakan transisi dramatis yang bisa dikategorikan sebagai jenis dari Australia. Istimewa, karena Gunung Rinjani memiliki 7 keistimewaan alam, hingga mitos yang berkembang di masyarakat:

www.belantaraindonesia.org

1. Gunung Rinjani punya tiga goa  
Ada tiga gua yang paling terkenal seperti: goa susu, goa paying, dan goa manik. Goa susu adalah tempat ideal yang biasanya dimanfaatkan untuk tempat meditasi. Didalam goa ini terdapat goa dengan air yang menetes dari ujung batu yang nampak seperti puting susu.

Di dalam goa susu terasa panas dan banyak asap yang nampak seperti asap dapur untuk itulah orang - orang menamakannya kukus atau rumah yang panas dan juga orang - orang kadang - kadang menyebutnya tempat untuk rentogent / sinar laser.

2. Gunung Rinjani punya pemandian air panas berkhasiat 
Di gunung Rinjani terdapat air panas yang biasa digunakan untuk pengobatan oleh masyarakat setempat. Karena air ini dipercaya memiliki banyak khasiat. Air pemandian ini akrab disebut Aik Kalak yang artinya air panas yang dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Kawah Danau Segara Anak 
Segara adalah istilah lain untuk menyebut anak laut. Danau Segara Anak berarti danau luas yang merupakan terusan dari aliran air laut. Konon, danau ini menyimpan banyak cerita misteri dan kekuatan gaib. Warga percaya bahwa arwah - arwah para leluhur banyak yang ada di danau ini.

Orang - orang setempat percaya jika danau nampak luas dari kejauhan itu tandanya mereka hidup lebih lama tetapi jika danau nampak sempit dari kejauhan itu tandanya mereka berumur pendek. Bahkan mereka percaya bahwa selama berada di dalam area danau ini tidak boleh melakukan hubungan seksual, marah atau berkata kotor. Sebaliknya diharuskan bersabar pada saat menghadapi masalah.

www.belantaraindonesia.org

 4. Local Strawberry 
 Sepanjang pendakian menuju puncak gunung, mata ini akan melihat begitu banyak jenis tanamanm local strawberry. Tanaman ini berduri seperti mawar dan buahnya berwarna merah seperti strawwbery rasanya manis dan sedikit asam. Buahnya dapat dimakan sekaligus menemani perjalanan para pendaki untuk sekadar menahan rasa lapar dan haus.

5. Bunga Keabadian ( Edelweiss ) 
Mitos yang berkembang bahwa tanaman ini hanya bisa tumbuh di sekitar Gunung Rinjani. Bahkan, warga percaya bahwa tanaman ini abadi tak akan mati, karena di dalam tanaman ini terdapat roh leluhur yang menjaganya. Untuk memetik bunga ini, seseorang harus mempunyai keberanian yang lebih bahkan harus mempertaruhkan nyawa.

6. Puncak Gunung Rinjani 
Selain indah dengan bisa menatap pemandangan alam dari ujung puncak Gunung Rinjani, pun mitos yang berkembang bahwa di atas puncak itu ada seorang Dewi Anjani, yang merupakan ratu jin yang menguasai gunung ini.

Konon ceritanya arwah Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tidak mengijinkan putrinya kawin dengan pacarnya. Di tempat mata air itu yang dinamakan mandala dia menghilang dari alam nyata pindah ke alam gaib.

7. Gunung Baru Jari  
Baru Jari adalah nama gunung baru yang muncul ditengah - tengah Segara Anak. Warga percaya bahwa gunung ini merupakan pusatnya Gunung Rinjani. Itu sebabnya, jika gunung ini meletus tidak akan membahayakan warga, kecuali letusan berasal dari puncak Rinjani.

Konon, warga percaya bahwa pada tahun 1994 letusan Gunung Baru disebabkan oleh kemarahan para arwah yang sedang membangun sesuatu karena batu - batu yang meletus tidak ditempatkan semestinya di kaki gunung baru.

Tujuh fakta istimewanya tentang Gunung Rinjani pun ternyata semakin menarik dengan mitos dan kepercayaan masyarakat yang pula menjadi legenda masyarakat sebagai bumbu dari keindahan alam Gunung Rinjani. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Keistimewaan Gunung Rinjani Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad