Wednesday, September 18, 2013

Mengenal Tebing Dan Pantai Siung

Tentang panjat tebing, kali ini akan memberikan informasi tentang panjat tebing di tebing siung yang berada di pantai Siung, Jogjakarta. Bila ada rekan yang ingin melakukan panjat tebing disana bisa di mulai dari Jogjakarta naik Bus jurusan Wonosari, turun dipertigaan Pantai Siung yang semua crew bus pasti tahu, dari sana kita bisa menumpang ojek yang tak mahal dan tentu bisa di tawar seikhlasnya.

Pantai Siung merupakan pantai yang segaris dengan pantai Baron dan Pantai Sundak, selain pemandangan alam pantai yang indah, juga ada tebing - tebing tinggi yang menjulang, dan sering di lakukan untuk panjat tebing. Dahulu pantai Siung adalah pantai yag biasa saja dengan keadaan yang kumuh dan kotor, tetapi semenjak kegiatan panjat tebing mulai ramai, maka berubahlah pantai Siung dan menjadi kawasan wisata yang menarik, dengan tebing yang menjulang dan menjadi incaran para pemanjat tebing yang bosan dengan Wall Climbing .

Jika sahabat semua tiba di pantai Siung, maka desah ombak dan tebing yang tinggi serta bau kapur akan pertama menyapa. Nampaknya memang pantas jika tebing di sana di sebut The best rock climbing site in Yogyakarta. Jenis tebing di sana merupakan batuan kapur, yang paling tinggi berketinggian 15 meter. Dan sekarang ada sekitar 45 jalur pemanjatan, dari 250 jalur yang sedang di rencanakan di buat. Komplek tebing di bagi dengan blok, mulai dari blok A sampai blok L, tetapi jika kamu hendak memanjat, pilihlah tebing yang sering di panjat dan familiar, yaitu tebing blok A hingga blok K, Nah blok - blok tadi sudah di buat sedemikian rupa, yakni pemanjatan dengan Artifisial, yaitu pemanjatan dengan memasang alat pengaman sendiri, Aid Climbing, sudah ada alat pengaman dan memakai alat, maupun Free Climbing, yaitu pemanjatan tanpa alat pengaman.

Dan untuk pengawalan silahkan lakukan pemanjatan di Tebing Selamat Datang yang berada di blok A, setelah itu ya silahkan pilih sendiri jalur lain. Untuk pemula bisa gunakan jalur khusus pemula di blok D dengan tingkat kesulitan paling sedikit, dan yang paling sulit, berada di blok G. Bagi yang sudah sangat berpengalaman bisa gunakan jalurKuda Laut yang berada di atas hembusan ombak. Wajib bagi yang berpengalaman untuk menaklukannya. Ini adalah jalur tertinggi dan tersulit, tetapi akan bisa menikmati keindahan alam pantai yang aduhai jika berhasil sampai puncak.

Selain itu ada pemandangan hewan alam yakni Kera - kera berekor panjang yang tinggal di antara tebing dan goa - goa, tetapi walau jumlahnya ratusan, tenang, mereka tak mengganggu lho..bahkan siapa tahu bisa menjadikan kita berlomba mirip - miripan muka!...Candaaa....Dan bila telah lelah, sahabat semua bisa bersantai di pantai Siungseperti biasa, bisa tertawa ataupun juga bisa lakukan volly pantai jika mau, atau mengintip orang mandi di pantai..halah...

Jalur menuju kesana sangat mudah, dari Yogyakarta naik bus arah Wonosari, sampai di terminal Wonosari cari angkutan pedesaan ke arah Jepitu dan turun di pertigaan Siung. Lalu seperti keterangan di atas, lanjutkan dengan naik ojek. Santai, jika melakukan pemanjatan di sana gratis, hanya melakukan pembayaran masuk ke pantai seharga Rp 3000 saja. Disana juga lengkap fasilitasnya, mulai dari Camping Ground, toko, Mushola, kamar mandi umum tanpa bisa main intip, warung makan dan tempat parkir yang luas pakai banget.
Nah silahkan para penggemar panjat tebing untuk mencoba tebing di pantai Siung, tetapi saran kita, pakailah helm saat memanjat karena tingkat korosi yang tinggi jadinya harus sangat berhati - hati ya... Dan juga di sana tak ada tempat untuk menyewakan alat panjat tebing, jadi ya silahkan membawa sendiri tapi milik sendiri atau menyewa punya teman , jangan main embat dari toko outdoor..hehehe.. Tentang panjat tebing bisa di baca juga kok di Belantara Indonesia yang sudah lumayan komplit, yakni silahkan menuju Panjat Tebing . Selamat berpetualang ya sahabat. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Tebing Dan Pantai Siung Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad