Saturday, September 28, 2013

Menyaksikan Indahnya Alam Di Puncak Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

 
Cantiknya Gunung Prau Dieng. Salah satunya, Anda akan dapat menikmati kecantikan sunrise di Dieng dari puncak Prau. Tetapi jangan salah, cantiknya gunung Prau tak hanya di pagi hari saja. malam menjelang pun akan tetap cantik di gunung Prau. Mengapa Anda yang suka berpetualang tidak segera packing kemudian menuju ke sana?

www.belantaraindonesia.org
Gunung Prau berada di Dataran Tinggi Dieng, tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dan Wonosobo, Jawa Tengah. Ada beberapa rute yang bisa dilewati untuk mencapai puncaknya antara lain dari Desa Patakbanteng dan Dieng.

Dari Patakbanteng, perjalanan menuju puncak akan memakan waktu selama kurang lebih 2 jam. Sedangkan jika dari Dieng, bisa 3 hingga 4 jam namun dengan jalur yang lebih landai dari Patakbanteng.

Kawasan puncaknya seperti bukit Teletubbies. Ada banyak area datar yang bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Jika sedang musim kemarau, bukit - bukit ini akan diselimuti bunga kecil berwarna putih dan pink. Sungguh cantik dipandang mata.

Namun kecantikan ini tidak habis saat Mentari sudah kembali ke peraduan. Karena, langit malam yang cerah, terutama saat musim kemarau dan Bulan Purnama, akan menyempurnakan malam Anda.

Pada malam Minggu, kawasan puncak Prau banyak didatangi para pendaki maupun para pelancong dari desa setempat. Kebanyakan pendaki berasal dari Yogyakarta, Semarang dan sekitarnya, bahkan ada juga yang dari Jakarta.

Saat Bulan Purnama, jangan lewatkan kecantikan maksimal sang Bulan sesaat setelah Mentari tenggelam. Saat itulah Bulan baru menanjak naik dan terlihat lebih besar dibanding saat malam semakin larut.

Jika langit cerah, bintang akan bertaburan dengan indahnya di langit. Cahaya dari senter dan lampu tenda juga membuat kawasan puncak lebih ceria. Apalagi api - api unggun yang biasanya menyala di sekitar tenda.

Karena udara yang sangat dingin, para pendaki berkumpul di sekeliling api unggun. Beberapa tenda yang tidak membuat api unggun tidak segan - segan bergabung dengan kelompok lainnya.

Yang seru, para penduduk lokal juga senang kemping di sini. Bukan hanya anak muda, tapi juga anak kecil dan orang tua yang naik ke atas sini. Suara tawa anak kecil yang berlarian di sekeliling padang bunga membuat suasana jadi makin seru.

Beberapa pendaki lainnya dengan semangat bernyanyi dengan gitar yang dibawanya dari bawah. Beberapa lainnya berburu foto dari bukit ke bukit. Datang sendiri dan rasakan bagaimana serunya malam di Gunung Prau
 

 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menyaksikan Indahnya Alam Di Puncak Gunung Prau Dieng Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad